RABU 2 NOVEMBER 2016

Tes penerimaan calon tamtama TNI
SINTANG --- Antusias warga perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia atau TNI begitu besar. Hal itu terlihat adanya Calon Tamtama (CATA) PK Perbatasan dan umum Sub Panda Sintang melaksanakan tes administrasi, kesehatan dan Jasmani. Para calon ini rata-rata berasal dari daerah perbatasan RI-Malaysia.
Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 121/Alambhana Wanawai Mayor Arm Sumaji menyebut, tes tersebut dilaksanakan di aula serba guna Makorem Jalan Pangeran Kuning No. 1 Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

"Tes diikuti oleh 181 peserta calon Tamtama PK di antaranya calon Tamtama Perbatasan berjumlah 22 orang dan calon Tamtama Umum berjumlah 159 orang," kata Sumaji, Rabu, 2 November 2016.

Dikatakan, rangkaian kegiatan tes ini diawali dengan tes administrasi. Lalu dilanjutkan dengan tes kesehatan yang meliputi pemeriksaan tensi, pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata.

"Juga pemeriksaan tubuh bagian luar dan tubuh bagian dalam, kemudian dilanjutkan dengan tes Jasmani yang meliputi tinggi badan, berat badan, postur dan Kesemaptaan," ujar Sumaji.

Dijelaskan, bagi para calon Tamtama PK Perbatasan dan umum Sub Panda Sintang yang dinyatakan lulus, maka akan mengikuti pendidikan dasar militer Secata PK TNI AD tahun 2016 di Rindam XII/Tanjungpura selama 5 bulan.

"Mereka akan dilatih tentang pengetahuan militer umum dan pengetahuan militer dasar serta ilmu keterampilan militer lainnya oleh para pelatih dan guru militer.

Tujuanya adalah agar mereka menjadi prajurit yang tanggap, tangguh serta dapat menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, khususnya di daerah perbatasan RI-Malaysia dalam wilayah Kalbar," kata Sumaji.

Jurnalis: Aceng Mukaram/ Editor: Irvan Sjafari/Foto: Aceng Mukaram

Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: