KAMIS 24 NOVEMBER 2016

SOLO --- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Solo, Jawa Tengah, memusnahkan puluhan ribu bungkus rokok ilegal. Pemusnahan rokok tanpa pita cukai dari berbagai merek itu merupakan hasil operasi Kantor Bea Cukai bersama Satpol PP Sukoharjo.

Pemusnahan ribuan bungkus rokok ilegal.

"Barang bukti yang telah dinyatakan menjadi milik negara itu diamankan dari sebuah rumah di Baki, Sukoharjo, pada Februari 2016 lalu," ucap Kepala Kantor Bea Cukai Solo, Kunto Prasti Trenggono disela kegiatan, Kamis siang (24/11/16).

Pengungakapan kasus rokok bodong itu saat akan dikirim ke luar jawa, melalui paket ekspedisi bus AKAP. Bersama barang bukti, kantor Bea Cukai juga mengamankan pelaku, yakni IM. "Tersangka mengaku sudah beroperasi selama 6 bulan," lanjutnya.

Adapun barang bukti berupa rokok ilegal yang dimusnahkan tersebut berjumlah 33.860 bungkus dari berbagai merek. Dari kasus tersebut, menurut Kunto negara dirugikan hingga Rp 196 juta dengan nilai barang mencapai Rp 250 juta.

"Pelaku kita kenai Pasal 54 dan/atau Pasal 56 UU Nomor 11 tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 39 tahun 2007 dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara," tandasnya.

Ditambahkan Kunto, dalam menjalankan aksinya, pelaku melakukan penjualan rokok ilegalnya dengan menggunakan sistem penjualan online, yakni melalui jejaring sosial. 

Kepala Kantor Bea Cukai Solo, Kunto Prasti Trenggono.

Jurnalis: harun Alrosid/Editor: Irvan Sjafari/Foto; Harun Alrosid
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: