SABTU, 5 NOVEMBER 2016

MALANG --- Mungkin bagi sebagian orang, khususnya masyarakat Dusun Premban, Desa Sumberkradenan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, halaman belakang menjadi bagian rumah yang masih kurang mendapatkan perhatian sehingga pemanfaatannya belum maksimal. Dengan adanya permasalahan tersebut, sebuah pergerakan non-profit dari berbagai komunitas, mahasiswa dan karangtaruna 'Bekyad' mencoba untuk memaksimalkan lagi halaman belakang dari rumah warga.


"Biasanya bagian halaman belakang rumah hanya digunakan sebagai tempat menjemur pakaian atau tempat menyimpan barang. Oleh karena itu kami dari Bekyad ingin memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas yang positif," jelas salah satu anggota Bekyad, Andi Hardiasyah di Malang, Sabtu (5/11/2016).

Menurutnya sebagai permulaan, akan ada empat rumah warga yang akan dimanfaatkan halaman belakangnya, termasuk rumah Andi sendiri.

"Untuk awal ini ada empat rumah yang dijadikan sebagai percontohan. Nantinya di setiap rumah tersebut aktivitas yang dilakukan berbeda-beda,"ujarnya.


Disebutkan, aktivitas yang akan dilakukan diantaranya sebagai tempat diskusi, belajar, bertanam organik dan tempat kerajinan seperti membuat batik maupun tembikar.

"Kalau berjalan lancar, nanti ada pengembangan lagi. Setahun kedepan kita targetkan ada 10 halaman belakang rumah yang akan dimanfaatkan. Harapannya satu kampung bisa dibuat seperti itu semua,"pungkasnya.
Jurnalis : Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: