RABU, 23 NOVEMBER 2016
BALIKPAPAN---Terkait aksi demonstrasi pada 25 November dan 2 Desember 2016, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin menyebutkan, belum ada yang mengajukan pemberitahuan untuk menggelar aksi.

"Secara resmi belum ada yang mengajukan pemberitahuan akan adanya aksi pada 25 November dan 2 Desember mendatang di Kaltim dan Kaltara," ungkapnya usai menggelar Upacara Kesiapsiagaan di Lapangan Merdeka, Rabu Siang (23/11).

Ia menjelaskan, apabila nantinya ada surat pemberitahuan secara resmi akan dilaksanakannya aksi demonstrasi, maka pihaknya memberikan pengamanan jalannya aksi tersebut.

"Kita harus beri pengamanan kepada mereka yang melakukan aksi unjuk rasa, karena memang itu dijamin dalam undang-undang," tegasnya kepada media. Lanjut Kapolda, pengamanan dilakukan untuk mencegah adanya penyusup atau ingin berbuat rusuh saat aksi berlangsung.


Suasana saat apel kesiapsiagaan mengantisipasi demo di Lapangan Merdeka Balikpapan.
Kendati belum ada yang mengajukan surat pemberitahuan demonstrasi, personel Polda Kaltim dan satuan wilayah diminta Safaruddin untuk tetap siaga. Dalam kesempatan itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Johnny Lumban Tobing siap membantu dalam pengamanan.

"Yang demo itu juga bukan musuh kita, tapi saudara kita juga hanya saja menyampaikannya dengan aksi demonstrasi. Jangan sampai ada kekerasan itu yang kita jaga," ujarnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: