RABU 9 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN - Penetapan Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan terus dilakukan oleh Dewan Pengupahan kota. Pasalnya, penetapan UMK akan dilakukan pada 21 November mendatang dan disampaikan langsung oleh Wali Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan Tirta Dewi.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Balikpapan, Tirta Dewi menerangkan pembahasan tingkat akhir hingga ada kesepakatan angka UMK selesai, baru angka itu menjadi rekomendasi ke Wali Kota. "Angka yang disepakati menjadi final, namun kini belum menghasilkan kata sepakat bersama nilai UMK. Yang berwenang menyampaikan wali kota," ucapnya saat dihubungi Rabu, (9/11/2016).

Tirta mengaku pembahasan tahap akhir terus dilakukan. Namun belum menemukan kata sepakat. Diketahui UMP 2017 sudah ditetapkan Rp2.339.000.

Untuk diketahui, kenaikan UMK 2017 berdasarkan acuan Peraturan Pemerintah Nomor 78  yakni 8,25 persen. Pihaknya memberikan waktu bagi pihak-pihak untuk berunding karena ada batas waktu yang harus ditepati untuk ditetapkan.

"Jika selama pembahasan belum menghasilkan nilai yang disepakati, maka kebijakan diserahkan ke wali kota dan harus persetujuan gubernur" sambung Tirta.

Ia berharap dalam satu Minggu sudah ada hasil finalnya, dan diserahkan ke Walikota.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: