MINGGU, 13 NOVEMBER 2016

MALANG --- Berbagai macam lomba turut dihadirkan untuk memeriahkan gelaran Deutsche Tage (DT) 16 yang dihelat secara rutin setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (UM). Acara yang dimulai sejak tanggal 10 November yang lalu ini bertujuan untuk mewadahi kreatifitas para pembelajar bahasa Jerman dikalangan mahasiswa dan khususnya juga para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).


"Acara DT ini merupakan salah satu program kerja dari HMJ sastra Jerman untuk lebih mengenalkan budaya dan bahasa Jerman kepada semua kalangan terutama siswa SMA," jelas ketua pelaksana, Wajihan Nasichun Amin, Sabtu (12/11/2016).

Menurutnya tema utama yang diangkat pada penyelenggaraan tahun ini yaitu 'Dongeng'. Tema tersebut sengaja diangkat karena di Jerman banyak bermunculan dongeng-dongeng terkenal yang sekarang banyak difilmkan.


Ia mengatakan bahwa dongeng-dongeng terkenal seperti Cinderella, Rapunzel dan Putri Salju sebenarnya berasal dari negara Jerman yang kemudian diadobsi oleh Amerika untuk dijadikan film.

"Jadi di Jerman dulunya ada dua orang bersaudara sering mengumpulkan dan membuat dongeng diantaranya Cinderella, Rapunzel dan Putri Salju. Jadi mereka berdua mengumpulkan semua dongeng tersebut untuk dibukukan yang kemudian diadopsi Amerika untuk difilmkan,"ungkapnya.

Lebih lanjut Wajihan menyampaikan bahwa lomba-lomba yang dapat diikuti dalam acara Deutsche Tage yakni akustik, membuat mading, baca berita, baca dongeng, baca puisi, fotografi, melukis kaos, bermain peran dan lomba olimpiade bahasa Jerman. Dari lomba-lomba tersebut mereka dituntut untuk mempresentasikannya dengan bahasa Jerman.

"Total peserta dari semua katergori lomba kurang lebih berjumlah 315 peserta dari 31 sekolah SMA se Jawa Bali," ucapnya.


Ia menambahkan, khusus untuk lomba olimpiade bahasa Jerman yang diikuti 28 peserta, pemenangnya akan dikirim ke Jakarta untuk olimpiade tingkat nasional. Dan kalau mereka menang di tingkat nasional tersebut, mereka akan dikirim ke Jerman.

"Soal-soal olimpiade bahasa Jerman yang dilombakan saat ini adalah soal standar Eropa yang terdiri dari kemampuan dalam menulis, membaca, mendengar dan berbicara,"urainya.


Sementara itu disebutkan selain berbagai lomba, kegiatan Deutsche Tage ini juga dimeriahkan dengan bazar, karnaval dan pemberian penghargaan kepada dosen maupun mahasiswa terbaik.
Jurnalis : Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: