SELASA, 15 NOVEMBER 2016

JAKARTA --- Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat baru saja selesai merilis Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2016, berdasarkan survei yang dilakukan BPS Pusat terhadap ribuan jamaah haji yang diberangkatkan pada tahun 2016 ternyata tingkat kepuasan para jamaah haji terhadap pelayanan dan fasilitas haji dari Kementrian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 sebesar 83,83 %.


Angka kepuasan terkait dengan pelayanan jemaah haji tahun 2016 tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,16 % apabila dibandingkan pada tahun 2015 yang lalu. Laporan  BPS Pusat tersebut berdasarkan hasil survei dengan cara membagikan kuesioner yang dilakukan kepada sekitar 168.800 ribu jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada tahun 2016 ke Negara Arab Saudi.

"Berdasarkan hasil survei yang dilakukan BPS Pusat terhadap ribuan jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan menuju Negara Arab Saudi tahun 2016 menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2016 sebesar 83,83 % atau mengalami peningkatan sebesar 1,16 % apabila dibandingkan dengan kepuasan terhadap pelayanan Kementrian Agama dan Pemerintah Indonesia  pada tahun 2015" kata Suhariyanto Kepala BPS Pusat saat jumpa pers di Gedung BPS Pusat, Selasa pagi (15/11/2016).


Berdasarkan laporan BPS Pusat terkait dangan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) bisa dikatakan hampir semua sektor pelayanan mengalami peningkatan baik dari segi pelayanan maupun kepuasan mengalami peningkatan secara signifikan apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun juga ada beberapa pelayanan yang masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan, salah satu diantaranya adalah pelayanan konsumsi atau katering.

Acara yang berlangsung di Gedung BPS Pusat Jakarta tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin bersama seluruh staf Kementrian Agama (Kemenag) RI. Sedangkan dari pihak BPS Pusat yang bertindak selaku tuan rumah juga dihadiri secara langsung oleh Kepala BPS Pusat Suhariyanto beserta seluruh staf BPS Pusat.

Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Eko Sulestyono
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: