SENIN, 28 NOVEMBER 2016
LAMPUNG---Upaya melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN ) dilakukan oleh personil Kodim 0421/LS dengan langsung melakukan tes urine bersama.
Ratusan prajurit Kodim 0421/Lampung Selatan yang mengikuti penyuluhan P4GN di aula Makodim 0421/Lamsel tersebut berasal dari personil Koramil di wilayah Kodim Lampung Selatan.

Menurut Kasi Intel Korem 043/Garuda Hitam Letkol Inf Edwin Gunawan SH sebagai narasumber penyuluh mengungkapkan, sosialisasi dilakukan mengingat maraknya peredaran narkoba saat ini khususnya di Provinsi Lampung, terlebih lebih Lampung Selatan sebagai gapura masuk dan keluar baik dari Pulau Jawa atau pun Pulau Sumatera dapat berpotensi memudahkan narkoba didapat.

Personil Kodim Lampung Selatan menunjukkan urine.
"Saat ini, Lampung Selatan menjadi pintu peredaran narkoba dan terbukti dengan diamankannya beberapa kilogram di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni baik ganja, shabu-shabu maupun ekstasi, yang akan dikirim ke Jakarta dan tidak menutup kemungkinan sebagian diedarkan di wilayah Lampung Selatan. Jadi harus diantisipasi bahkan juga oleh personil TNI,” terang Kasi Intel Korem 043/Garuda Hitam Letkol Inf Edwin Gunawan SH di aula Ahmad Yani Makodim 0421/LS,Senin siang (28/11/2016).

Sebagai upaya mencegah para anggota terlibat, Letkol Inf Edwin Gunawan SH menegaskan kepada seluruh prajurit diperintahkan secara tegas agar jika anggota TNI belum pernah bersentuhan dengan narkoba untuk tidak mencoba-coba. Ia bahkan dengan tegas mengungkapkan, bagi yang pernah atau masih menggunakannya agar segera menjauhi dan meninggalkan barang haram tersebut. Sebagai bentuk komitmen TNI dalam melakukan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba Letkol Inf Edwin Gunawan SH bahkan menegaskan bahwa anggota akan bisa dikenai sanksi hukum dengan melakukan pemecatan dari TNI AD.

Sosialisasi bahaya narkoba Kodim 0421 Lampung Selatan.
“Sesuai perintah panglima TNI bagi anggota yang terbukti sah menggunakan narkoba dengan keterangan dari dokter dan positif maka akan diberhentikan dengan tidak hormat,” terang Letkol Inf Edwin Gunawan. Sebagai komitmen anggota yang tidak menggunakan narkoba bagi para personil Kodim 0421/LS setelah penyuluhan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN ) langsung secara acak para prajurit yang ditunjuk melaksanakan tes urine (air seni). Selain bagi seluruh anggota bahkan seluruh anggota unit intel Kodim harus terbebas dari narkoba. Ketaatan dan kedisiplinan tersebut menurut Letkol Inf Edwin Gunawan juga menjadi ujuran penilaian sejauh mana ketaatan prajurit terhadap perintah pelarangan penyalahgunaan narkoba.

“Kalau diperintahkan untuk tes urine harus siap karena ini merupakan bentuk ketaatan terhadap perintah larangan penyalahgunaan narkoba,” terang Letkol Inf Edwin Gunawan. Setelah tes urine dilakukan berdasarkan keterangan Kapten Norizwan Tamin selaku Danramil Katibung yang terlibat dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penelitian personil (litpers) kepada para perwira dan bintara yang memegang senjata api pistol.

Para prajurit menunggu giliran diperiksa air seninya.
Setelah senjata api diserahkan dan diteliti  dilanjutkan dengan clear test, psycho test tertulis, dan wawancara. Tes-tes tersebut dimaksudkan agar pimpinan yakin tidak ada penyalahgunaan senjata api dan para pemegang senjata api diyakini sehat jasmani maupun rohani yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami sangat senang ada kegiatan ini karena dengan adanya tes urine rutin akan mendisiplinkan seluruh anggota terkait pelarangan penggunaan narkoba dan juga senjata api,” ungkap Kapten Norizwan Tamin.

Pelaksanaan tes urine yang dilakukan secara acak sekaligus mengingatkan para personil Kodim agar benar- benar tidak menggunakan narkoba. Penyuluhan atau kegiatan tes urine semacam ini akan dilakukan dadakan dan tanpa persiapan bagi seluruh personil.

Jurnalis: Henk Widi / Editor: Satmoko /Foto: Henk Widi

 






Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: