RABU, 9 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Harga sejumlah komoditas sayuran di sejumlah pasar tradisional kota Balikpapan mengalami kenaikan yang sangat drastis. Sejumlah komoditi sayuran yang mengalami kenaikan itu, diantaranya cabai, tomat, dan bawang.

   (Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan di pasar tradisional Balikpapan)
Di pasar tradisional Pasar Baru dan Klandasan, misalnya, harga cabai kini mencapai Rp 55.000 per kilogram. Sebelumnya, cabai dijual pedagang di kisaran Rp 38.000 per kilogram. Sedangkan cabai kering dari Rp 40.000 kini dijual dengan harga Rp 60.000 per kilogram. Kemudian cabai merah juga naik menjadi Rp 70.000 per kilogram atau naik Rp 25.000 dari harga jual awal sebesar Rp 45.000 per kilogram.
    
Seorang pedagang sayur-mayur, Harto mengungkapkan, kenaikan harga terjadi mulai awal November. Hal itu karena cuaca buruk dan banjir yang terjadi beberapa hari lalu di Balikpapan.

"Naiknya harga ini karena nggak ada barang, terendam banjir semua. Tomat juga bisa kita ambil dari petani lokal saja," bebernya, Rabu (9/11/2016).

Selain itu, komoditi yang juga mengalami kenaikan tomat. Saat ini, harga tomat Rp 15.000 per kilogram atau melonjak dua kali lipat dari harga sebelumnya Rp 7.000 per kilogram. Sedangkan bawang merah juga mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Sebelumnya, komoditas bumbu-bumbuan ini dipatok dengan harga Rp 35.000 namun sudah naik menjadi Rp 45.000 per kilogram.

"Untuk bawang, kita pasoknya dari Sulawesi. Saat datang ya kita timbang untuk melihat susutnya, baru hitung harga. Bawang putih juga mau naik," kata Darmi, pedagang di Pasar Baru.

Menurutnya, kenaikan harga ketiga komoditas itu dipengaruhi oleh minimnya pasokan dari daerah penghasil dan kondisi ini berdampak pada jumlah permintaan yang kian menurun.

Sementara itu, salah seorang pedagang sayur keliling, Amat mengaku, harga cabai naiknya dua kali lipat. "Saya nggak berani beli banyak untuk cabai, karena modalnya nggak sanggup. Jadi untuk dijual ke pelanggan, persediaan secukupnya," keluhnya.

Meski harga beberapa komoditas mengalami kenaikan, Amat menambahkan, tetap berjualan keliling walau modal yang dimiliki kecil.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : Satmoko / Foto : Ferry Cahyanti

Bagikan:

Redaksi Cendana News

Berikan Komentar: