SELASA, 15 NOVEMBER 2016

LAMPUNG --- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., memimpin upacara peringatan HUT ke-7 Korps Marinir yang dilaksanakan di pantai Marine Eco Park (MEP) Piabung, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung, Selasa (15/11/2016).


Upacara militer yang digelar oleh Brigade Infanteri-3 Marinir (Brigif-3 Mar) ini diawali aksi Regu Pandu Tempur (Rupanpur) yang memasuki tempat upacara dengan cara berenang dari daerah persiapan, kemudian diiringi suara ledakan, tank-tank amfibi Korps Marinir bergerak masuk ke lapangan upacara dengan membawa seluruh kekuatan pasukan upacara parade.

Pasukan upacara ini dari Batalyon di jajaran Brigif-3 Mar terdiri dari 1 SSY  (Satuan setingkat Batalyon) Yonif-7 Mar Lampung, 1 SSY Yonif-8 Mar Pangkalan Brandan, 1 SSY Yonif-9 Mar Lampung, 1 SSY Yonif-10 Mar Setokok Batam, serta pasukan gabungan dari Korem 043/Gatam, Lanal Lampung dan Brimobda Lampung, dibawah pimpinan Komandan Upacara (Danup) Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir Kolonel Marinir Hermanto, S.E, M.M. Sementara itu, berbagai jenis kendaraan tempur amfibi Korps Marinir berupa BMP-3F, BVP, Ranfib dan Tank PT 76 menjadi latar belakang pasukan upacara.

Upacara ditandai dengan pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang menyampaikan upacara kali ini dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan Marinir dalam suasana kesederhanaan dan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini bertujuan untuk mempererat kebersamaan Prajurit Korps Marinir dengan rakyat.

“Korps Marinir adalah pasukan pendarat yang merupakan aset utama dalam misi proyeksi kekuatan dari laut ke darat. Selama 71 tahun pengabdiannya, Korps Marinir telah meraih berbagai keberhasilan penugasan dalam bentuk operasi dan latihan serta perbantuan kepada pemerintah daerah dan Polri. Beberapa prestasi yang menonjol antara lain pencarian dan evakuasi korban kecelakaan penerbangan pesawat Air Asia, pemadaman kebakaran hutan, menginisiasi gerakan nasional “Save OurLlittoral Llife” dalam menyelamatkan ekosistem pesisir, dan keberhasilan melumpuhkan salah satu pemimpin kelompok teroris melalui Operasi Tinombala. Semua capaian tersebut adalah refleksi dari daya juang yang tinggi dan kerelaan berkorban dari setiap individu Prajurit Korps Marinir saat melaksanakan tugas. Hal ini juga terjadi tidak lepas dari dukungan keluarga. Pencapaian ini adalah hasil pembinaan berkelanjutan Korps Marinir membentuk prajurit dan menyiapkan alutnya menjadi kekuatan tempur yang tangguh,“ ungkap Kasal.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pemimpin TNI Angkatan Laut menyampaikan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan pengabdian para Prajurit Marinir yang tidak hanya menjadi kebanggaan Korps atau TNI Angkatan Laut, tetapi juga bangsa dan negara. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan mendukung Korps Marinir kita,” apresiasi Kasal.

Kasal juga menekankan agar senantiasa menjaga soliditas antara TNI, POLRI, Pemerintah dan Rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak melibatkan diri pada politik praktis terutama pada masa Pilkada serentak.

Sementara itu, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., menyatakan bahwa tema Hari Ulang Tahun ke-71 Korps Marinir tahun 2016 adalah “Berjuang Bersama Rakyat Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”.


Berbagai macam kegiatan yang langsung berhubungan bersama masyarakat kami gelar antara lain lomba vocal group, lomba kreasi tari, bhakti sosial kesehatan, penanaman terumbu karang dan mangrove, lomba Marathon 10K di Lampung, Napak Tilas Perjuangan Corps Marinir (CA-IV) Tegal, Istigozah dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, santunan kepada warakawuri dan anak yatim, lomba pajat tebing, Marines Off road Adventure di Pasuruan Jawa Timur dan Sarasehan Marinir, jelasnya.

“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah bersama-sama merayakan hari jadi kami. Kami ingin menjadi Prajurit yang Profesional, Berkarakter dan Dicintai Rakyat”, tegas Dankormar.

Upacara peringatan HUT ke-71 Korps Marinir ini juga dimeriahkan dengan berbagai demonstrasi oleh para prajurit Brigif-3 Marinir berupa Mark Material Art (MMA) dan Kolone Senapan Marinir Junior binaan Brigif-3 Marinir serta pemotongan tumpeng oleh Komandan Korps Marinir dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Kemudian potongan tumpeng diserahkan kepada perwakilan Nelayan dan prajurit Marinir.

Pada kesempatan tersebut selain upacara militer juga dilaksanakan pengangkatan Gubernur Lampung Ridho Ficardo sebagai warga kehormatan Artileri Korps Marinir yang ditandai dengan penembakan Meriam Howitser 105 yang diletuskan langsung oleh Gubernur Lampung tersebut serta penyematan kehormatan brivet Artileri Korps Marinir oleh Dankormar.


Selain dihadiri oleh para mantan Dankormar serta para sesepuh Korps Marinir, peringatan HUT Korps Marinir ini juga dihadiri Kapolda Lampung, Ketua DPRD Prov. Lampung, Komandan Lanal Lampung, Danlanud Astra Ksetra, Kapengti Prov. Lampung, Kajati Prov. Lampung, Bupati Pesawaran, Bupati Lampung Timur, Bupati Lampung Barat, Anggota DPR RI serta para undangan dari Muspida Prov. Lampung serta penyanyi legendaris Iwan Fals dan masyarakat sekitar Markas Brigif-3 Mar.
Jurnalis : Dispen Komar / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Dispen Komar
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: