KAMIS 17 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN---Setelah Pemerintah Kota dan DPRD Balikpapan mendatangi Kementerian Keuangan dan Kemendagri, akhir mendapatkan kepastian pencairan dana bagi hasil (DBH) yang dijanjikan pemerintah pusat akan cair pada November dan Desember 2016. Adapun dana DBH yang akan cair sebesar Rp68 miliar, dari total Rp283 miliar.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh.


Menurut Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, pencairan DBH itu akan digunakan untuk pembayaran hutang untuk kegiatan di 2016 ini. Kegiatan baru di 2017 sambil melihat kondisi keuangan di 2017.

"Sesuai janji menteri keuangan Minggu ini dikucurkan Rp25,8 miliar. Kemudian sisanya Rp37 miliar lebih dia cicil sampai Desember tahun ini," ungkapnya Kamis, (17/11/2016).

Abdulloh meyakini pencairan ini akan dilakukan pemerintah pusat karena sudah sesuai dengan Permenkeu 162.

"Kekurangan salur DBH ini akan dibayarkan kembali pada pelaksanaan APBD 2017 dengan besaran menunggu Permenkeu. Kita tunggu lagi," sambungnya.

Untuk diketahui, pada 2016 ini pemkot menunda pembayaran proyek fisik senilai Rp200 miliar lebih. Ini dilakukan menyiasati defisit anggaran.

Sementara itu, untuk kurang salur dan terdapat dana lebih salur dari kementerian Keuangan kepada pemkot Balikpapan Rp115 miliar akan dikembalikan mencicil bertahap selama tiga tahun.

"Kami akan kembalikan dana salur lebih selama tiga tahun dengan nyicil. Tiga tahun harus lunas," tutup Abdulloh.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: