SELASA 22 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN - Pembangunan gedung parkir di kawasan Klandasan Jalan Jenderal Sudirman yang menjadi pusat kota Balikpapan. Rencananya gedung parkir baru ini akan dioperasionalkan pada bulan Desember untuk diuji coba, sebelum nantinya akan dikelola pihak ke tiga.

Gedung Parkir Baru ditinjau Walikota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menuturkan kehadiran gedung parkir baru ini menjadikan kawasan tertib lintas khusus parkir kendaraan akan lebih tertib. "Kendaraan yang parkir tidak ada lagi di badan jalan, atau trotoar. Sehingga dikawasan itu menjadi kawasan tertib lalu lintas," ucapnya disela meninjau gedung parkir Klandasan.

Rizal menjelaskan Pemkot Balikpapan juga akan membentuk panitia kerja untuk menentukan pengelola gedung parkir karena sudah ada beberapa pihak swasta yang berminat. "Ada beberapa pihak yang mau mengelola gedung ini seperti dari Blue Sky dan Angkasa Pura. Nanti pengelolanya kami putuskan sebelum Januari 2017," ujarnya, Selasa (22/11/2016).

Menurutnya, besaran PAD dari gedung parkir belum dihitung karena hingga saat ini juga belum ditunjuk pengelola gedung parkir.

"Lebih baik dikelola pihak ke tiga karena lebih profesional dan kita (Pemkot) juga tidak ada beban apapun. Kalau UPTD kan ada biaya seperti pemeliharaan. Kami juga belum ada pengelolaan lahan parkir di gedung seperti ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, gedung parkir Klandasan tersebut berdiri dengan 8 lantai, dengan anggaran pembangunannya sebesar Rp98 miliar. Gedung parkir ini dilengkapi kawasan kuliner di lantai dasar dan ruang serba guna di lantai 8 gedung. Termasuk memiliki fasilitas keamanan berupa CCTV.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti

Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: