SELASA, 29 NOVEMBER 2016
SURABAYA--- Salah satu kapal dari Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang diberi nama NALA 5 siap ditandingkan dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) yang akan dilaksanakan mulai hari ini (29/11/2016) hingga tanggal (1/12/2016) mendatang. Dalam acara yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ini, ITS akan mengikutsertakan 3 kapal andalannya yakni HYDROS untuk kategori Kontes Kapal Cepat Bahan Bakar dengan Kendali Jarak Jauh. ASTRAMAYA EVO untuk kategori Kontes Kapal Cepat Listrik dengan Kendali Jarak Jauh. Dan NALA 5 untuk Kategori kontes kapal kendali otomatis.

Kapal NALA 5 ialah sebuah kapal tanpa awak (autonomous) yang didesain untuk dapat menyelesaikan misi dan tantangan dalam kategori kapal kendali otomatis dalam ajang KKCTBN. Lambung kapal yang digunakan yakni dari jenis multi-huli yang memiliki dua lambung atau kapal jenis catamaran.

Para mahasiswa mengusung kapal jenis NALA 5 yang siap ditandingkan dalam KKCTBN.
Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem sensor dan propulsi yang dapat mendukung kapal untuk bergerak secara mandiri setelah sebelumnya diprogram untuk dapat menyelesaikan misi yang ada. Spesifikasi kapal NALA 5 ini terdiri dari material fiberglass dan kayu biasa, dengan panjang kapal 116,91 cm dan lebar 49,64 cm dan koefesien prismatik 0,75 dengan sarat kedalaman 7 cm. Kapal ini memiliki tipe lambung catamaran yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas kapal dan memperluas area general arrangement kapal.

Tipe lambung yang digunakan flat inner hull. Tipe ini dipilih karena bertujuan untuk mengurangi interfensi gelombang pada saat kapal bergerak. Sistem propulsi NALA 5 menggunakan sistem penggerak dua buah propeller dan dua rudder.

Menurut Rudy Dikairono, Pembimbing tim NALA 5 mengatakan, kapal ini merupakan kapal robot karya gabungan dari mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Sistem Informatika.

NALA 5 meluncur santai dalam sesi uji coba.
 "Kapalnya kita desain untuk komponen berat," terangnya pada saat uji coba kapal di kolam 8 Kampus ITS, Senin (28/11/2016).

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan, Dr. Darmaji, S.Si., M.T, saat ditemui di lokasi uji coba kapal NALA 5 menegaskan, kapal ini kelebihannya yaitu tidak memerlukan remot kontrol. Melajunya berdasarkan program yang telah dibuat.

"Kamera yang ada di depan kapal berfungsi untuk menerima input data yang kemudian diolah di komputer dan secara otomatis kapal akan bisa memutuskan untuk bergerak ke kiri atau ke kanan atau pun memutar," ujarnya.

Darmaji berharap, dengan kerja keras dan usaha yang telah dilakukan oleh Tim ITS mampu membawa pulang gelar juara.

"Kita sudah bersungguh-sungguh dalam persiapan. Mudah-mudahan Tim ITS mampu mengukir prestasi di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional ini," harapnya.

Jurnalis: Nanang WP / Editor: Satmoko / Foto: Nanang WP




Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: