KAMIS 10 NOVEMBER 2016

CIMAHI---Warga Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan was-was apabila hujan lebat. Banjir hingga mencapai kepala orang dewasa terjadi pada Rabu (9/11) Malam.


Ketua Rukun Warga (RW) 2 Melong, Deni Iskandar menyampaikan warga sekitar menunggu tindakan nyata pemerintah untuk mengatisipasi banjir. Dikarekan banjir memang selalu mengintai dalam setiap tahun, khususnya musim hujan.

"Kami was-was kalau cuaca sudah mendung. Mengungsi juga binggung mau kemana. Kita lahir di sini, besar di sini dan cari nafkah juga disini," ujar Deni, Kamis (10/11/2016).

Sejauh ini warga masih bersiaga, ditakutkan banjir susulan kembali terjadi, mengingat sedang musim hujan. Disampaikan, banyak barang-barang yang rusak karena terendam air.

"Semua harta benda hancur, barang elektronik juga enggak sempat diselamatkan karena air di Sungai Cibaligo meluap sampai setinggi 2,5 meter," ucapnya.

Diketahui, berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, lima RW di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan diterjang banjir berkisar antara 1 sampai 3 meter. Penyebabnya, curah hujan yang cukup tinggi dan saluram drainase yang tidak memadai.

Jumlah warga yang terkena dampak yaitu RW 1 mencapai 1.043 jiwa, RW 2 sebanyak 897 jiwa, RW 34 sebanyak 1.010 jiwa, RW 30 sebanyak 760 jiwa dan RW 14 sebanyak 1.028 jiwa.

Jurnalis: Rianto Nudiansyah/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Rianto Nudiansyah.
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: