KAMIS 17 NOVEMBER 2016

JAYAPURA --- Ribuan pengunjung wisata berbelanja pada acara Cross Border Wonderful Indonesia pada 22 November mendatang, di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Hal tersebut ditargetkan Dinas Pariwisata Provinsi Papua.

Kegiatan Cross Border Wonderful Indonesia beberapa waktu lalu di Skouw perbatasan RI-PNG, Kamis (10/11/2016).

"Kami berkeinginan pada penutupan 'Cross Border' 22 November ini, akan lebih banyak lagi turis wisata belanja, paling tidak seribuan pengunjung dan kalau lebih itu lebih baik lagi," kata Hans B Menanti selaku Kepala Seksi Pengembangan Prasarana Promosi Pariwisata dan Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Papua, Kamis (17/11/2016).

Untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Konjen RI di Vanimo, Papua Nugini (PNG) agar membantu mensosialisasikan rencana pelaksanaan 'Cross Border Wonderfull Indonesia' tersebut.

"Untuk itu perlu kami sampaikan kepada konsul di PNG untuk imbau warganya agar datang menikmati 'Cross Border' dan wisata belanja di Skouw," ujarnya.

Mengenai potensi yang bisa dikembangkan di tapal batas selain menggelar Cross Border dengan Kementrian Pariwisata. Pihaknya mengaku masih perlu penyesuaian dengan pangsa pasar di kawasan perbatasan, terutama keinginan dari warga PNG yang datang ke Papua, Indonesia.

Hingga kini, lanjutnya, 'Cross Border Wonderful Indonesia' yang digalakkan Kementerian Pariwisata di Skouw perbatasan RI-PNG telah digelar sebanyak empat kali yang dimulai sejak Juni lalu.

"Pada Juni lalu pengunjung Cross Border rata-rata warga PNG, mencapai 1.300-an orang yang melakukan wisata belanja, Agustus naik hingga 1.400-an, lalu pada awal November lalu hampir mencapai 1.400-an orang, dan akhir bulan ini, semoga naik lagi," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 1.392 warga PNG tampak meramaikan festival Wonderfull Indonesia di teras negara Indonesia tepatnya dipasar Skow-Wutung RI-PNG. Artis ibukota Devina dan Mirnawati menjadi magnet masyarakat bergoyang dangdut dan lagu Maumere bersama-sama.

Jurnalis: Indrayadi. T Hatta/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Indrayadi T.Hatta.
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: