RABU, 23 NOVEMBER 2016
MATARAM---Dinilai berprestasi dan berjasa majukan sektor pertanian, belasan kepala daerah yang terdiri dari 9 gubernur, 8 bupati dan 4 wali kota dari berbagai daerah di Indonesia mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Penghargaan diberikan kepada belasan kepala daerah tersebut, selain karena dinilai berjasa dari sisi perhatian, juga dinilai memegang teguh komitmen, melalui kebijakan yang diberlakukan dengan membuat perda, maupun secara proaktif memperjuangkan kesejahteraan ekonomi masyarakat petani.

Adapun sembilan gubernur tersebut, antara lain dari provinsi NTB, Kepulauan Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatra Barat, dan Jawa Barat.

Sementara untuk bupati, di antaranya adalah dari Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Pati, Kabupaten Wajo, Kabupaten Batang, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pulalawan, dan Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan untuk kategori wali kota adalah dari Tanjung Pinang, Balikpapan,  Batam, dan Jakarta Barat.


Belasan kepala daerah dari seluruh Indonesia dan penemu TTG saat menerima penghargaan dari Kementerian Desa di acara gelar TTG Pertanian Nasional di Mataram.
Selain memberikan penghargaan  kepada belasan kepala daerah, Kementerian Desa juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh penemu Teknologi Tepat Guna (TTG) dari sejumlah daerah, antara lain berasal dari Lampung Timur, penemu mesin pencacah jagung, ada juga yang dari Tanjung Pinang Kepri. Tak ketinggalan dari Kabupaten Lombok Timur yang warganya ada yang berhasil membuat kaki palsu dari serabut kelapa. Kemudian dari Jawa Tengah yang warganya ada yang menemukan alat panen garam. Terakhir dari Kalimantan Timur, yang warganya ada yang berhasil menemukan alat pengolah tahu hemat energi.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Satmoko / Foto: Turmuzi
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: