SABTU, 26 NOVEMBER 2016
BENGKAYANG---Petir menyambar jaringan transmisi 275 KV antara Bengkayang-Mambong pada Sabtu, (26/11/2016).  Kejadian ini terjadi pada pukul 17.50 WIB, mengakibatkan padam total (black out) pada sistem Khatulistiwa yang memasok listrik untuk kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang.

Demikian keterangan Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Kalbar, M Doing. Ia menyatakan pula, kejadian mendadak ini melumpuhkan seluruh sistem pasokan listrik ke pelanggan.

"Gangguan trip 2 line pada sistem transmisi 275 KV antara Bengkayang-Mambong akibat tersambar petir ini menyebabkan padam total di sistem Khatulistiwa. Proses perbaikan dan pemulihan terus dilaksanakan secara bertahap,” kata Doing.

Lampu minyak pengganti listrik yang padam di Kalbar akibat jaringan transmisi tersambar petir sore tadi.
PLN, ia mengklaim, telah berupaya untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan dengan terus berupaya meningkatkan kemampuan baik di sisi pembangkitan, penyaluran, dan pendistribusian energi listrik hingga ke pelanggan. Namun gangguan yang disebabkan oleh cuaca yang terkadang ekstrem sangat sulit untuk diprediksi.

"Dengan kejadian ini kami berharap masyarakat dapat memakluminya. Atas nama manajemen PLN Wilayah Kalbar, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang telah kami berikan,” ucapnya.

Jurnalis: Aceng Mukaram / Editor: Satmoko / Foto: Aceng Mukaram
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: