JUMAT, 25 NOVEMBER 2016

SUMENEP --- Keberadaan keraton di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dan barang-barang di dalamnya yang mengandung banyak sejarah harus tetap dijaga dan dilestarikan, supaya keutuhannya tersebut hilang begitu saja.

Fadli Zon saat kunjungi Keraton Sumenep
Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon saat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Jumat (25/11/2016).

Disebutkan, dengan utuhnya keraton serta benda-benda peninggalan para raja di daerah ujung timur Pulau Madura ini dapat mempermudah dalam informasi terkait zaman terdahulu. Apalagi keraton yang ada di daerah masih memiliki keutuhan yang sulit ditemukan di daerah Jawa Timur.

"Saya kira museum keraton Sumenep ini merupakan satu warisan budaya yang luar biasa, saya baru pertama kali datang kesini, tapi kelihatan menurut informasi bahwa museum atau keraton sendiri masih utuh yang ada di Jawa Timur," kata Fadli Zon.

Dikatakan, utuhnya keraton menunjukkan perawatannya cukup baik dan hal tersebut harus dipertahankan.

"Saya pikir ini harus dirawat dijaga dan dilestarikan, karena banyak informasi-informasi dari masa lalu dan itu juga warisan dan kekayaan Sumenep khususnya, Jawa Timur dan Indonesia. Jadi ini satu keraton yang relatif masih utuh dan musemnya masih menyimpan barang-barang keraton dengan baik," jelasnya.

Dalam kunjungannya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu melihat langsung kondisi keraton beserta benda-benda peninggalan raja daerah ini.
Jurnalis : M. Fahrul / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : M.Fahrul
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: