RABU 16 NOVEMBER 2016

PONOROGO - Seni hias akuarium atau aquascape termasuk kedalam potensi usaha yang menjanjikan. Pasalnya, dari tiap penjualan masing-masing aquascape, penjual mendapatkan keuntungan puluh persen.

Catur saat merawat aquascape miliknya.


Salah seorang penjual aquascape, Catur Putra (29 tahun) menjelaskan awal mulanya ia tertarik dengan seni yang ada di dalam aquascape dan membawanya tergabung kedalam Ponorogo Aquascape Community (PAC). Aquascape merupakan seni hias akuarium yang terdiri dari berbagai komponen seperti tanaman, batu dan pasir.

"Awalnya cuma hobi, tapi hasilnya menjanjikan jadi saya tekuni sampai sekarang," jelasnya kepada Cendana News saat ditemui di rumahnya di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo, Rabu (16/11/2016).

Catur sebelumnya berprofesi sebagai karyawan bank ini bantir setir memilih menekuni hobi sekaligus mata pencahariannya sebagai pembuat aquascape. Dalam satu bulan ia mampu meraup Rp10 juta.

"Kalau tekun ya jadi rejeki yang lumayan, daripada jadi pegawai," ujarnya.

Meski baru dirintis sejak 2011, hasil karyanya sempat dikirim ke berbagai kota seperti Tulungagung, Blitar, Surabaya dan Malang. Tiap aquascape yang ia jual harganya bervariasi mulai dari Rp3 juta-Rp 90 juta tergantung pemilik menginginkan jenis tanaman yang ditanam di dalam akuarium.

"Biasanya jenis tanaman yang dipakai ada hair grass dan lumut, kalau kayunya pakai akar jati, kopi dan jambu biji, kalau ikan yang dipakai yang tidak makan tanaman seperti ikan neon, rainbow dan irian terina," cakapnya.

Tema aquascape sendiri ada tiga macam, yakni iwagumi, natural dan dutch style. Iwagumi dominan dengan batu-batuan, natural dominan dengan tanaman, dan dustch style lebih berwarna campuran antara pasir, batu dan tanaman.

"Untuk ukuran akuarium setengah meter dan ambil tanaman yang murah dan mudah didapat dihargai Rp 3 juta," tuturnya.

Meski sudah dibeli, Catur menjanjikan garansi selama sebulan. Ia pun juga menerima pesanan merawat akuarium pembeli jika pembeli tidak sempat merawat.

"Tanaman yang didalam akuarium kami janjikan tidak akan mati selama perawatannya baik, biasanya aquascape bisa stabil setelah 3 bulan dari pemasangan," pungkasnya. 

Jurnalis: Charolin Pebrianti/Editor: Irvan Sjafari?Foto: Charolin Pebrianti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: