SENIN, 7 NOVEMBER 2016

SURABAYA --- Motor listrik karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan melakukan uji jalan dengan melakukan tour Jawa-Bali mulai hari ini, Senin (7/11/2016) hingga (13/11/2016) mendatang. Motor yang diberi nama Gesits ini, secara resmi dilepas untuk dilakukan uji jalan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir.


Gesits atau kepanjangan dari Garansindo Electric Scooter ITS merupakan motor listrik produk hasil kerjasama antara ITS dan PT Garansindo Surabaya yang bisa menjadi kendaraan alternatif untuk menuju kemandirian ekonomi dan kendaraan yang berbasis Go Green.

CEO PT. Garasindo, Muhammad Al Abdullah mengatakan, motor listrik Gesits ini dapat menjadi pionir dalam industri otomotif karya anak bangsa, serta dapat memberi inspirasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus berinovasi dalam mewujudkan kemampuan dan mimpinya. 

"Melalui Gesits ini, Indonesia dapat membuktikan kemampuan sumber daya bangsanya," tegasnya kepada wartawan di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta sesuai keterangan tertulis dari humas ITS.

Di samping itu, Rektor ITS, Prof. Joni Hermana menegaskan, Gesits merupakan karya anak bangsa dari ITS Surabaya. 

“Ini termasuk gerakan hilirisasi produk teknologi untuk mendukung kemajuan bangsa Indonesia,” ujarnya.


Touring ini merupakan sebuah upaya untuk melakukan pengujian ketahanan motor listrik Gesits di jalanan. Mulanya, Gesits akan bertolak dari Jakarta menuju Nusa Dua, Bali. Dan menurut rencana, Gesits juga akan singgah di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tepat pada tanggal 10 November yang bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan sekaligus Dies Natalis ITS ke-56.

Selain itu, tour Jawa-Bali ini juga sebagai sarana sosialisasi Gesits kepada masyarakat luas. Sebab, pada pertengahan 2017 nanti, Gesits dijadwalkan mulai diproduksi secara massal. 
Jurnalis : Nanang WP / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Nanang WP
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: