RABU, 2 NOVEMBER 2016

JAKARTA --- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini dijadwalkan memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap Dr. Hamdan Zoelva S.H. M.H., yang belakangan diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode masa jabatan tahun 2012 hingga 2015.



Hamdan Zoelva ditunjuk menjabat sebagai Ketua MK untuk menggantikan Ketua MK sebelumnya yaitu Akil Mochtar yang sebelumnya diberhentikan secara tidak hormat karena terlibat dalam skandal kasus perkara suap penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pantuan Cendana News langsung dari Gedung KPK Jalan Hajjah Rangkayo Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Hamdan Zoelva tiba di Gedung KPK pada sekitar pukul 11:00 WIB. Saat ditanya para awak media, Hamdan Zoelva mengaku belum tahu materi apa saja yang nanti akan ditanya oleh penyidik KPK pada saat dirinya masih menjabat sebagai Ketua MK.

"Belum tahu apa saja materi yang  nanti akan ditanyakan oleh penyidik KPK, namun salah satunya kemungkinan terkait dengan kasus dugaan suap dalam sengketa Pilkada dengan tersangka Samsu Umar Abdul Samiun, Bupati Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar" demikian kata Hamdan Zoelva di Gedung KPK Jakarta, Rabu siang (2/11/2016).

Sebelumnya diberitakan bahwa penyidik KPK secara resmi telah menetapkan status tersangka kepada Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun terkait dugaan memberikan uang suap dalam kasus perkara sengketa Pilkada Kabupaten Buton yang saat itu sedang ditangani oleh Mahkamah Konstitusi yang diduga melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar.

Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun mengaku kepada penyidik KPK bahwa dirinya pernah memberikan uang sebesar 1 miliar Rupiah kepada Akil Mochtar yang pada saat itu masih menjabat sebagai Ketua MK. Walaupun telah resmi ditetapkan sebagai tersangka, namun Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun hingga detik ini masih belum ditahan oleh penyidik KPK.

Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Eko Sulestyono

Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: