MINGGU, 13 NOVEMBER 2016

PONOROGO --- Selain tempat wisata Ngebel, ternyata Ponorogo memiliki hutan wisata Kucur. Meski tidak terkenal seperti Ngebel, Kucur menawarkan pemandangan yang menyejukkan. Rimbunnya pepohonan semakin menambah sejuk kawasan hutan Wisata Kucur.


Hutan wisata Kucur yang terletak di Kecamatan Badegan sempat berjaya di era 1980 hingga 1990-an. Setiap akhir pekan ratusan wisatawan memenuhi hutan wisata ini. Pasalnya hutan wisata Kucur menjadi tempat wisata favorit tidak hanya karena indah, namun juga memiliki sarana lengkap. Ada jalan setapak menuju mata air Kucur dan juga kolam renang.

Salah satu pemilik warung makanan, Sonhaji menjelaskan, tempat wisata ini sekarang sepi peminat akibat rusaknya beberapa sarana dan tanpa adanya perbaikan hingga saat ini.

"Sepuluh tahun terakhir ini jumlah pengunjung berkurang drastis, sepertinya karena rusaknya sarana," ujarnya kepada Cendana News, Minggu (13/11/2016).

Sempat terdengar kabar, sarana yang rusak diperbaiki. Namun sampai saat ini kabar tersebut belum ada realisasinya.

"Sampai sekarang belum ada perbaikan," jelasnya.

Pendapatan Sonhaji pun sekarang tidak menentu, hanya hari-hari tertentu saja seperti komunitas atau pengendara yang lelah. Mengingat hutan wisata Kucur ini lokasinya di pinggir jalan perbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah.

"Biasanya berkunjung komunitas otomotif sambil touring sama beberapa warga sekitar saja yang suka nongkrong di warung kopi," tuturnya.

Sonhaji pun berharap ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) atau pengelola hutan wisata Kucur untuk segera memperbaiki sarana di dalam hutan. Supaya gaung hutan wisata Kucur kembali terdengar.

"Ini kan bisa jadi salah satu pilihan wisata di Ponorogo, seharusnya lebih dijaga," pungkasnya. 
Jurnalis : Charolin Pebrianti / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Charolin Pebrianti
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: