SELASA  1 NOVEMBER 2016
MATARAM - Sebagai daerah penghasil jagung nasional, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) mengharapkan adanya pembangunan pabrik pengolahan jagung, terutama di Kabupaten Dompu, sebagai Kabupaten penghasil jagung terbesar di NTB.


Bji jagung yang sudah di kupas

"Untuk meningkatkatkan nilai tambah dan nilai ekonomi petani jagung di NTB, pabrik pengolahan jagung diharapkan bisa ada dan dibangun di NTB," kata Kepala Dinas Pertanian NTB, Husnul Fauzi di Mataram, Selasa (1/11/2016.

Menurutnya keberadaan pabrik jagung, selain bisa meningkatkan nilai dan harga jagung petani, juga bisa menyerap banyak tenaga kerja, mulau dari proses panen hingga proses pengolahan dari barang setengah jadi, menjadi barang jadi.

Ia mengatakan, produksi jagung yang dihasilkan petani NTB selama ini banyak diimpor ke luar daerah seperti Jawa Timur dan Jawa Barat dalam bentuk bahan mentah dengan harga yang terkadangtidak sebanding dengan biaya dikeluarkan petani.

"Baru setelah peraturan presiden (Perpres) tentang harga dasar jagung sebesar Rp3.200, petani bisa menikmati sedikit keuntungan"

Lebih lanjut Fauzi menjelaskan, sebelumnya beberapa pengusaha nasional sempat mengungkapkan ketertarikannya membangun pabrik jagung di NTB, mengingat potensi produksi jagung NTB yang setiap tahun terus mengalami peningkatan, dengan kualitas bagus.


Jurnalis: Turmuzi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Turmuzi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: