KAMIS, 24 NOVEMBER 2016

SOLO --- Tim gabungan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK), bersama Dinas Perindustran dan Perdagangan (Disperindag) Solo, menggelar inspeksi mendadak (sidak) di beberapa distributor makanan siap saji. Hasilnya, berbagai kemasan makanan tidak layak konsumsi karena tidak disertai lebel dan tanggal kadaluwarsa masih banyak dijumpai. 

Pemeriksaan label makanan dalam Sidak yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Solo
“Kita langsung tegur kepada pemilik toko agar nantinya tidak menerima barang yang tidak ada lebelnya maupun tanggal kadaluwarsanya,” papar Kasi Farmasi Makanan Minuman dan Perbekalan DKK Solo, Anom Yuliansyah disela-sela sidak, Kamis (24/11/16).

Menurutnya, pengawasan makanan siap saji, baik yang beku maupun tidak akhir-akhir ini diperketat. Hal ini untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru yang notabennya makanan siap saji menjadi makanan yang banyak dijajakan kepada masyarakat. 

“Dengan pengawasan ini kita minimalisir makanan yang sekiranya berpotensi tidak baik maka kita peringatkan,” lanjutnya.

Kasi Farmasi Makanan Minuman dan Perbekalan DKK Solo, Anom Yuliansyah
Dari hasil pemeriksaan sejumlah toko yang menjadi agen maupun distributor makanan beku, petugas menemukan sejumlah paket makanan tidak mencantumkan label, izin edar serta tanggal kadaluarsa. Petugas juga memeriksa kandungan dari makanan beku. 

“Kita uji secara laboratorium, apakah mengandung zat yang berbaha atau tidak,” tandasnya.

Untuk sementara, petugas tidak menyita hasil pengawasan makanan yang tidak dilengkapi lebel maupun tanggal kadaluwarsa pada kemasan.

“Tapi kita peringatkan keras. Jika ditemukan dalam operasi ke depan, sanksi hukum akan kami jatuhkan kepada toko maupun pemasok,” pungkasnya. 
Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: