SELASA, 29 NOVEMBER 2016
BALI----Munas PB Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) digelar di Denpasar Bali, pada 27-28 November. Kandidat Ketua Umum PB POSSI Mayjen TNI Marinir Purn. Buyung Lalana, SE berharap Munas kali ini menjadi momentum untuk melakukan penyegaran kepegurusan.

‎"Munas kali ini merupakan momentum untuk melakukan penyegaran kepengurusan, sekaligus membahas berbagai agenda strategis organisasi ke depan," kata Buyung, Senin (28/11/2016).

Jenderal Buyung Lalana siap jadi nahkoda PB POSSI.
Pria yang kerap dijuluki sebagai jenderal terumbu karang ini memaparkan kesediaannya maju sebagai kandidat PB POSSI. Dukungan deras yang mengalir dari Pengurus Daerah (Pengda) POSSI merupakan salah satu alasan ia mau maju merebut kursi nomor satu di organisasi selam tersebut. Buyung juga dipandang memiliki pengalaman yang bisa membawa kemajuan dunia olahraga selam. Selam merupakan tradisi maritim yang kini mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Padahal, selain olahraga prestasi dan hobi, selam juga menunjang pariwisata dan termasuk profesi berkeahlian khusus seperti salvaging dan pekerjaan lain di dalam air.

"Visi utama kami adalah menjadikan selam sebagai budaya masyarakat, sehingga para atlet selam Indonesia akan mendominasi di ajang kompetisi internasional. Juga menambah minat masyarakat menjadikan selam sebagai pilihan profesi, membantu meningkatkan pendapatan devisa di sektor pariwisata demi terwujudnya cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia," papar Buyung.

Staf Khusus Menteri Perhubungan ini menawarkan berbagai program seperti menyediakan fasilitas sekretariat di bibir laut bagi seluruh Pengda. Pembinaan usia dini, implementasi 'sports science' dalam pembinaan atlet selam, perumusan kurikulum selam yang baku dan menjadikan PB POSSI sebagai institusi induk dari seluruh organisasi selam lokal maupun internasional yang beroperasi di Indonesia juga akan menjadi fokus programnya.

Mantan Komandan Korps Marinir yang sudah menyelam selama hampir 30 tahun ini menegaskan tekadnya sudah bulat untuk menjadi ketua umum dan akan mengejar waktu yang hilang karena keterlambatan PB POSSI dalam menggelar Munas. Hampir setahun Munas terlambat digelar, sementara Asian Games akan diselenggarakan pada tahun 2018.

"Sebagai tuan rumah yang juga negara maritim, Indonesia harus menjadi kekuatan yang diperhitungkan di bidang olahraga selam," demikian kata pria yang karib disapa Bang Buyung ini.

Jurnalis: Bobby Andalan / Editor: Satmoko / Foto: Bobby Andalan


Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: