SENIN 28 NOVEMBER 2016

MANADO BERITA FOTO --- Salah satu program kerja yang dilakukan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Manado dalam Jurnalisme Lingkungan yaitu Jurnalis Trip. Sabtu akhir pekan lalu belasan Jurnalis dari AJI Manado bersama Pers Mahasiswa Politeknik Manado mengunjungi 5 lokasi yang terkait lingkungan hidup.

Rombongan Jurnalis TRIp di Tasikoki.
Pantauan Cendana News yang ikut dalam rombongan Jurnalis Trip, lokasi pertama yang di kunjungi wartawan yaitu di pusat pengelolaan sampah, tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah Sumompo Manado.  Dari TPA Sumompo kemudian mereka mengunjungi pusat penyelamatan satwa dilindungi (Tasikoki) yang berada di Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara.

Dari Tasikoki Kema,  tim Jurnalis Trip berlanjut ke Desa Tumaluntung Kabupaten Minahasa Utara untuk melihat pengelolah limbah atau kotoran babi yang dijadikan biogas sehingga dimanfaatkan
masyarakat sebagai sumbar energi cahaya dan untuk memasak.

Dari Tumaluntung peserta Jurnalis Trip selanjutnya mengunjungi lokasi Danau Tondano yang sudah menyempit dan hampir tertutup akibat tertutup oleh tanaman enceng gondok, dan di akhir Jurnalis Trip para jurnalis selanjutnya berkunjung ke Desa Rurukan Kota Tomohon untuk melihat tanaman sayuran yang di kelolah warga sekitar.

Ketua AJI Manado Yoseph E. Ikanubun mengatakan, kegiatan jurnalis trip bagian dari program AJI dalam Jurnalisme Lingkungan yang bekerja sama dengan lembaga Development and Peace (DNP) dari Kanada sepanjang  2016 ini.

"Jadi nanti di akhir jurnalis trip, wartawan diharapkan bisa memberikan tulisan dan berita yang di dapat selama trip dan hasil karya akan di nilai pada Jurnalis Award yang akan digelar pada awal
Desember mendatang", ungkapnya pada Senin (28/11/2016).

Rombongan Jurnalis Trip mengunjungi  tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah Sumompo Manado.


Jurnalis: Ishak Kusrant/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ishak Kusrant
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: