RABU 2 NOVEMBER 2016
MALANG --- Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memberantas serta menghilangkan praktik pungutan liar (pungli) yang sering terjadi di sektor pelayanan publik, Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang hari ini mendeklarasikan diri untuk Perang Melawan Pungli, Rabu (2/11/2016).



Menurut Novianto selaku Kepala Imigrasi Kelas 1 Malang, sebelum diadakannya Deklarasi Perang Melawan Pungli hari ini, pada 13 Oktober 2016 yang lalu pihaknya telah

membentuk satgas pemberantasan melawan pungli yang di ketuai oleh kepala seksi pengawasan dan penindakan yakni, Baskoro Dwi Prabowo.

"Pembentukan satgas tersebut merupakan tindak lanjut dari pernyataan Presiden yang menyatakan perang terhadap pungli pada 11 Oktober yang lalu," jelasnya.

Ia mengatakan, tugas dari satgas itu sendiri adalah bertugas mengawasi, menerima pengaduan dari masyarakat dan menindaklanjuti. Dari adanya laporan tersebut, kemudian satgas bisa melakukan rapat untuk memberikan suatu rekomendasi tindakan tegas sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah No.53 tahun 2010 jika ada pegawai Imigrasi Kelas 1 Malang yang melakukan tindakan pungli.

"Saya sendiri setiap hari setiap ada kesempatan selalu turun langsung ke bawah untuk melakukan pengamatan dan pengawasan baik secara tertutup maupun terbuka untuk mengawasi setiap seksi-seksi yang ada di kantor Imigrasi kelas 1 Malang ini,"ujarnya.

Demikian juga dengan tim satgas agar selalu proaktif mengadakan pengamatan dan pengawasan, sambungnya.

Menurut Novianto, selama tidak ada kesadaran dari diri sendiri mengenai pungli, maka di semua bidang akan rawan terjadi praktik pungli.

"Alhamdulillah. Sebelum dan sesudah terbentuknya satgas pemberantasan pungli sampai dengan sekarang ini, tidak ada pegawai Imigrasi kelas 1 Malang yang terlibat pungli," ujarnya.

Melalui deklarasi ini saya berharap tidak akan ada praktik pungli, utamanya di kantor Imigrasi kelas 1 Malang, pungkasnya.

Sementara itu, dalam acara yang di hadiri oleh Kepala Kepolisian Resort Kota Malang (Kapolresta) AKBP Decky Hendarsono ini juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan deklarasi Perang Melawan Pungli oleh Kepala Imigrasi Kelas 1 Malang beserta jajarannya.

Jurnalis: Agus Nucrhaliq/Editor: Irvan Sjafari

Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: