MINGGU, 27 NOVEMBER 2016

LAMPUNG --- Kantor Search and Rescue (SAR) Lampung memperoleh bantuan satu unit kapal rescue dari Basarnas Pusat yang akan disiagakan di perairan Bakauheni. Kapal tersebut didatangkan dari Batam sejak Sabtu (28/11) dan tiba di Lampung pada Minggu sore (27/11) dan langsung disambut oleh sekitar puluhan anggota kantor SAR Lampung.

Penyambutan satu unit kapal rescue Basarnas Lampung
Kepala kantor SAR Lampung, Sumpeno Yuwono mengatakan, penyambutan kapal baru untuk SAR Lampung tersebut dilakukan di dermaga PT Bandar Bakau Jaya (BBJ) karena kapal didatangkan dari Batam Kepulauan Riau.

"Awalnya rencana kapal rescue untuk kantor SAR Lampung akan ditempatkan di pelabuhan Panjang namun memperhatikan kebutuhan dan situasi, rencananya sengaja akan ditempatkan di pelabuhan BBJ yang berada di Bakauheni,"ungkap kepala kantor SAR Lampung, Sumpeno Yuwono saat penyambutan kapal baru tersebut di dermaga PT BBJ, Minggu (27/11/2016).

Ia menerangkan, kapal tersebut sebelumnya merupakan kapal SAR yang digunakan oleh SAR Provinsi Aceh selanjutnya menjalani proses docking atau perbaikan dan diserahkan ke kantor SAR Lampung.

Berdasarkan keterangan kapal jenis rescue yang diserahterimakan tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut:

- Nama kapal Drupada
- Panjang 40 meter, lebar 8 meter.
-  Warna orange
- Konstruksi body terbuat dari alumunium
- speed 25 knot/jam
- Kapasitas POB 40-50 orang


Kapal baru tersebut menurut Sumpeno Yuwono sengaja disiagakan untuk Kantor SAR Lampung terutama untuk pelayanan jasa SAR apabila terjadi kecelakaan laut. Kapal sengaja disiagakan di Dermaga BBJ ( Bakau Bandar Jaya ) Bakauheni Lampung yang berada di dekat jalur pelayaran komersial.

Penyambutan kedatangan kapal baru dari Batam ke Bakauheni tersebut juga langsung disambut oleh puluhan personil kantor SAR Lampung, Syahbandar pelabuhan BBJ Hidayat, manager eksternal BBJ Tatang dan juga kepala kantor SAR Lampung Sumpeno Yuwono. Sementara kapal langsung dipimpin oleh kasiops Yulius dan delapan personil lain.

"Kita lakukan upacara penyambutan dan sebagai ucapan syukur diadakan doa bersama dilanjutkan pemotongan tumpeng,"terang Yuwono.

Sebelumnya kantor SAR Lampung telah memiliki armada kapal jenis rib satu unit, rubberboat 10 unit, ATV tiga unit, kendaraan personil sebanyak empat unit, kendaraan truk rescue satu unit dan penambahan armada kapal Drupada tersebut dimaksudkan untuk semakin memperkuat armada SAR Lampung. Selain itu wilayah Lampung yang luas dengan beberapa tempat merupakan daerah rawan bencana menjadi perhatian bagi Basarnas melalui penambahan kapal penyelamat.


Terkait penempatan kapal SAR di pelabuhan BBJ tersebut manager eksternal PT BBJ, Tatang mengaku telah mendapat pemberitahuan dari kantor SAR dan telah berkoordinasi dengan pihak kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) setempat. Selanjutnya kapal akan sandar di Bakauheni dan bagi sebanyak enam personil akan menempati kantor yang disiapkan oleh pihak PT BBJ.
Jurnalis : Henk Widi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: