KAMIS, 3 NOVEMBER 2016

JAKARTA --- Kalau tidak ada perubahan, besok Jumat siang (4/11/2016) tepatnya selepas sholat Jumat, sejumlah Organisasi Islam (Ormas) Islam akan menggelar aksi demonstrasi dan unjuk rasa besar-besaran dengan rute kawasan Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya, termasuk Gedung Bareskrim Polri Jalan Medan Merdeka Timur, Gedung Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan dan Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Irjen Pol. M. Iriawan (kiri) Kapolda Metro Jaya dan Mayjen TNI Teddy Laksmana (kanan) Pangdam Jaya di Bareskrim Mabes Polri Jakarta

Aksi demonstrasi besar-besaran tersebut bertujuan untuk menuntut agar calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dipanggil Ahok tersebut segera ditangkap dan dihukum karena diduga telah melakukan penistaan agama dan menyinggung perasaan umat muslim pada saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI beberapa waktu yang lalu.

Menurut informasi terakhir yang berhasil dihimpun oleh Cendana News dari berbagai sumber, diperkirakan sekitar 50 ribu massa dari berbagai daerah dan Ormas Islam lainnya akan mengikuti jalannya aksi unjuk rasa besar-besaran. Sebelum memulai aksi unjuk rasa, mereka rencananya terlebih dahulu akan menunaikan ibadah Sholat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jendral Polisi Mohammad Iriawan saat didampingi Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Teddy Laksmana menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Ibukota Jakarta, sebaiknya menghindari kawasan lokasi konsentrasi ribuan massa aksi.

Imbauan Kapolda Metro Jaya kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang tinggal di Ibukota Jakarta tersebut bertujuan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan untuk mengurangi adanya kemungkinan kerawanan-kerawanan atau gesekan yang mungkin akan muncul ke permukaan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M . Iriawan mengatakan "saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang tinggal di Ibukota Jakarta dan sekitarnya untuk sebisa mungkin menghindari titik-titik konsentrasi aksi unjuk rasa demonstrasi besar-besaran yang rencananya akan digelar besok Jumat selepas menunaikan ibadah sholat Jumat, kalau sekiranya tidak ada kepentingan yang mendesak, sebaiknya menghindari kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas)" katanya kepada wartawan di Kantor Bareskrim Mabes Polri Jakarta, Kamis petang (2/11/2016).

"Rencananya besok Jumat, mereka berangkat dari Masjid Istiqlal pada pukul 13:00 WIB, kemudian bergerak melewati Lapangan Banteng-Pejambon-Gereja Immanuel-berhenti di depan Gedung Bareskrim Mabes Polri Jalan Medan Merdeka Selatan-kemudian bergerak melewati Kedutaan Besar Amerika Serikat-berhenti di depan Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan-kemudian bergerak menuju Patung Kuda dan terakhir berkumpul di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat menuju kawasan Istana Negara Jakarta" demikian kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M. Iriawan.
Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Eko Sulestyono
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: