RABU  16 NOVEMBER 2016

PONTIANAK---Puluhan mobil pemadam kebakaran swasta dan pemerintah di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dikerahkan ke lokasi kebakaran Markas Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura (Pomdam XII/Tanjungpura).  Di Jalan Rahadi Usman, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, itulah markas Pomdam XII/Tanjungpura ini.





Data dikumpulkan menyebutkan, Selasa malam, 15 November 2016 pukul 22.45 Mako Pomdam XII/Tanjungpura ini dilalap si jago merah.


Berikut Kronologis singkat kejadian :

Pada pukul 22.40 WIB saksi dari anggota divisi jaga Pomdam XII/Tanujungpura melihat percikan api dari lantai II. Dari lantai ini  terdapat panel listrik  mengalami arus pendek (konsleting listrik).

“Sehingga menjalar kearah kanan gedung dan mengakibatkan seluruh ruangan yang ada di lantai II gedung utama hangus terbakar dengan cepat dikarenakan bangunan Mapomdam XII/Tanjungpura sebagian besar terbuat dari bahan kayu,” kata anggota divisi jaga Pomdam XII/Tanujungpura, yang tidak mau namanya disebutkan.

Ia memastikan tidak korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akan tetapi, kerugian materiil, yakni lantai II gedung utama Mako Pomdam XII/Tanjungpura hangus terbakar.  “Pada pukul  00.40 WIB api dapat dipadamkan. Situasi  saat ini di TKP masih dijaga oleh anggota Kodam dan Polresta Pontianak,” kata dia.

 Damkar yang ikut lakukan pemadaman di Mako Pomdam XII/Tannungpura:

1. Damkar Dinas Kota Pontianak

2. Damkar Swadesi Borneo

3. Damkar BPKJ

4. Damkar Sei Beliung

5. Damkar Redam

6. Damkar Mariana

7. Damkar Merdeka

8. Damkar Panca Bhakti

9. Damkar Kapuas Raya

10. Damkar Budi Pekerti

11. Damkar Kota Baru

12. Damkar BPAS

13. Damkar Pesat

14. Damkar PKPA 86

15. Damkar Kab Kubu Raya

16. Damkar Purun Kab Mempawah

17. Damkar Jungkat

18. BNPB Kota Pontianak.

19. Mobil Water Canen Polresta Pontianak.

20. Damkar Mitra Bhakti.

Hal senada dikatakan Anshori,  anggota pemadam kebakaran swasta di Kota Pontianak. Kata dia, api sudah berhasil dipadamkan. 

"Gedung lagi proses pemeriksaan oleh anggota Kodam," ucapnya.


Jurnalis: Aceng Mukaram/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Aceng Mukaram
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: