SABTU, 12 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Tanjakan perempatan Muara Rapak Jalan Soekarno Hatta kembali terjadi kecelakaan lalu lintas sekitar pukul 10.13 WITA. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.


Truk kontainer Nopol KT 8568 RL yang dikemudikan Alim (48) mengalami rem blong sehingga truk menerabas pagar besi dan tiang listrik hingga nyungsep disisi kiri 10 meter dari lampu merah ke arah persimpangan atau samping SPBG Muara Rapak.

"Sopir truk sempat memberikan tanda klakson agar kendaraan yang ada di depannya truk menghindar. Akhirnya truk banting setir ke kiri," kata Joko saksi kecelakaan, Sabtu, (12/11/2016).

Truk yang membawa coklat batangan dari Km 13 menuju pasar Pandan Sari, Balikpapan Barat menjadi pusat perhatian pengguna jalan sehingga lalu lintas di sekitarnya mengalami kemacetan.

Sementara itu, Paur Subbag Humas Polres Balikpapan, Iptu Suharto menyebutkan, karakteristik simpang lima Muara Rapak merupakan persimpangan tertutup. "Kendaraan dari arah atas seperti dari Gunung Pipa tidak bisa langsung mengarah ke jalan Ahmad Yani, begitu pula arah simpang lainnya," tandasnya.

Persimpangan Muara Rapak juga masuk dalam kategori D karena pada saat jam-jam sibuk sangat krusial. Terutama siang dan malam hari.

"Beberapa kejadian saat menjelang malam hari atau ketika padat kendaraan, dan hari ini kejadian pada posisi jam 10 pagi. Tahun ini saja sudah dua kali kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Untuk diketahui, peristiwa serupa tanjakan atau turunan maut Rapak tersebut sudah yang kesekian kali terjadi. kecelakaan kerap menimbulkan korban jiwa.

Hingga kini belum ada solusi dari Pemerintah Kota, meski sebelumnya sudah ada kebijakan pada jam tertentu kendaraan berat tidak boleh melintasi jalan tersebut. Rencananya pembangunan jalan layang baru sekedar perencanaan sejak beberapa tahun lalu.
Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: