SELASA 29 NOVEMBER 2016

LAMPUNG---Lokasi wisata kuliner dermaga Bom Kalianda yang juga menjadi lokasi pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Kalianda menjadi lokasi finis jalan sehat ribuan masyarakat Lampung Selatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) kabupaten tersebut yang ke-60.

Peserta jalan sehat.
Peserta yang terdiri dari masyarakat umum, instansi, sekolah dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) tersebut mengambil awal di halaman kantor Bupati Lampung Selatan dan mengambil titik akhir di lokasi Wisata Kuliner Bom Kalianda. Menurut Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan lokasi titik akhir di Dermaga Bom Kalianda merupakan upaya pemerintah daerah memperkenalkan tempat wisata yang ada di Kalianda dan mudah dijangkau tersebut.

Rute sepanjang tiga kilometer menurut Erlan Murdiantono terbilang cukup menarik karena melewati jalan jalan protokol di ibukota Lampung Selatan dan juga berakhir di pantai. Selain sebagai kegiatan olahraga yang diikuti ribuan masyarakat pemilihan lokasi akhir di Pantai Bom juga untuk memperkenalkan tempat wisata yang memiliki fasilitas ampiteater, panggung hiburan, lokasi berfoto serta bisa melakukan aktivitas belanja ikan di pasar ikan higienis.

"Kegiatan hari ulang tahun Lampung Selatan tahun ini diisi dengan beragam kegiatan diantaranya Lampung Selatan Fair 2016 yang masih akan berlangsung beberapa hari ke depan di Lapangan Cipta Karya sekaligus untuk memperkenalkan produk produk lokal yang ada di setiap kecamatan,"terang Erlan Murdiantono disela sela kegiatan jalan sehat HUT Lampung Selatan ke-60, Selasa (29/11/2016).

Lokasi wisata kuliner dermaga Bom Kalianda yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas tersebut hingga saat ini masih digunakan masyarakat untuk melakukan aktifitas olahraga pagi, bersantai, menikmati suasana pantai. Sementara bagi yang hendak melihat dari dekat aktivitas nelayan sedang melakukan proses pelelangan ikan dermaga bom menjadi pilihan sekaligus bisa menikmati sajian kuliner yang banyak terdapat di tempat yang disediakan.

Erlan Murdiantono menerangkan penambahan fasilitas akan dilakukan untuk semakin meningkatkan kunjungan ke lokasi wisata dermaga bom Kalianda. Berbagai kegiatan yang bersifat masal sengaja dilakukan di dermaga Bom Kalianda untuk melihat berbagai kebutuhan yang diperlukan masyarakat diantaranya toilet, lokasi parkir serta fasilitas pendukung lain yang dari tahun ke tahun semakin dibenahi sebagai ikon Kota Kalianda.

Ia menerangkan selain jalan sehat rangkaian HUT ke-60 Lampung Selatan juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan di antaranya lomba olahraga antar desa, kegiatan lomba band, kegiatan sosial serta kegiatan Lampung Selatan Fair 2016 diikuti oleh sebanyak 17 kecamatan, puluhan SKPD, para pemilik usaha mikro kecil dan menengah dan juga pelaku usaha lain dengan jumlah stan mencapai 240 unit. Meski demikian kondisi cuaca yang terjadi akhir-akhir ini dengan intensitas hujan yang sangat tinggi membuat pelaksanaan LSF 2016 sedikit terganggu akibat lokasi pameran yang tergenang air saat hujan mengguyur sebagian besar wilayah Lampung.

Terkait kondisi musim hujan yang terjadi pada November kegiatan LSF 2016 oleh sebagian masyarakat diharapkan dilakukan pada bulan yang lain dengan mempertimbangkan cuaca. Sodikin (34) warga Kalianda yang juga menyediakan tempat penjualan kuliner selama LSF 2016 mengaku pengunjung dalam beberapa hari terakhir sepi akibat curah hujan yang tinggi.

"Kalau penyelenggaraannya di dalam ruangan tak masalah karena hujan pun bisa tetap aktivitas namun ini di luar ruangan dengan tenda sehingga omzet kami menurun,"ungkap Sodikin.

Meski demikian ia mengaku selama rangkaian kegiatan ulang tahun Lampung Selatan yang dilakukan sepanjang  November, ia mengaku bisa merasakan kemeriahan tersebut. Ia bahkan berharap kegiatan serupa masih bisa dilakukan pada tahun mendatang dengan memperhitungkan bulan bulan yang tidak berpotensi hujan sehingga omzet para pedagang dan peserta LSF lebih menguntungkan dengan banyaknya jumlah pengunjung.

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: