KAMIS 10 NOVEMBER 2016


LAMPUNG---Lampung Selatan punya caya tersendiri dalam memperingati Hari Pahlawan setiap 10 November. Keratuan Darah Putih di Desa Kuripan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan menggelar beragam kegiatan bakti sosial.  Kegiatan bakti sosial peringatan hari pahlawan yan dipusatkan di lamban Kuripan sebagai tempat tinggal Raden Inten II dan keluarganya.

Kegitan donor darah dalam rangka Hari Pahlawan dan Hal Raden Intan II ke 160.
Menurut ketua panitia Sohari Batin Putra dilakukan melibatkan berbagai unsur diantaranya Puskesmas Penengahan,Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lamoung Selatan, Pemerintah Desa Kuripan serta Koramil Penengahan. Kegiatan bakti sosial selain untuk peringatan hari pahlawan sekaligus haul ke-160 pahlawan nasional asal Lampung Selatan, Raden Inten II .

Kegiatan bakti sosial yang melibatkan berbagai masyarakat tersebut di antaranya menurut Sohari Batin Putra menyasar masyarakat di wilayah Keratuan Darah Putih dengan kegiatan donor darah, sunatan atau khitanan massal bagi anak laki laki yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri. Selain kegiatan bakti sosial tersebut panitia juga menyelenggarakan kegiatan pengecatan dan pembersihan patung Raden Inten II yang berada di pertigaan Fajar dekat Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

"Kegiatan sengaja dimulai hari ini bertepatan dengan hari pahlawan namun akan ada rangkaian kegiatan selama sepekan ini untuk peringatan haul pahlawan nasional asal Lampung Selatan Raden Inten II,"ungkap panitia kegiatan bakti sosial Sohari Batin Putra saat ditemui Cendana News,Kamis (10/11/2016)

Panitia mencatat sebanyak 17 anak anak yang berasal dari berbagai desa di Keratuan Darah Putih sudah mendaftar untuk disunat namun dua anak mengundurkan diri,sementara untuk warga yang mendonorkan darah jumlahnya mencapai puluhan orang yang rata rata didominasi orang dewasa. Darah yang sudah didonorkan menurut Sohari Batin Putera selanjutnya akan disimpan di bank darah PMI Lampung Selatan.

Sunatan massal.
Sebagian besar masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya sudah datang sejak pagi di kantor Desa Kuripan sementara anak anak yang akan disunat oleh petugas medis sudah datang sejak pagi mengenakan baju koko putih,sarung dan peci. Petugas medis dari Puskesmas Penengahan juga terlihat sibuk mempersiapkan para anak yang akan disunat menggunakan teknik laser dan sistem manual gunting.

Khusus untuk pengecatan patung Raden Inten II seluruh anggota Karang Taruna Desa Kuripan dilibatkan untuk mempercantik tampilan patung pahlawan asal Lampung Selatan tersebut. Pengecatan dilakukan bertepatan dengan hari pahlawan sekaligus simbol penghargaan pejuang Lampung dalam mengusir penjajah yang berada di tanah Lampung.



Tempat kediaman Raden Intan ke II (Lamban Kuripan)
Selain kegiatan bakti sosial sunatan masal,donor darah,pengecatan patung Raden Inten II berbagai kegiatan peringatan Hari Pahlawan dan Haul ke-160 Raden Inten II akan dilakukan selama sepekan dengan puncaknya pada 16 November mendatang. Rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat tersebut menurut Sohari menjadi bentuk keterlibatan masyarakat dan mengenang perjuangan pahlawan di Lampung Selatan.


Rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan sekaligus haul Raden Inten II juga akan diisi dengan kegiatan kearifan lokal di antaranya pagelaran seni budaya salah satunya tarian Tuping yang merupakan simbol 12 pejuang atau prajurit yang membantu Raden Inten II saat perang melawan Belanda. Selain itu kegiatan pameran,bedah buku sejarah dan juga berbagai kegiatan akan dipusatkan di Lamban Kuripan yang merupakan tempat tinggal Raden Inten II dan keluarganya.

Jurnalis: Henk Widi/ Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: