KAMIS 17 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dipastikan akan menggelar rapat kerja (Raker) dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada Senin (21/11/2016) pekan depan.

Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman.


Ketua Komisi III DPR Benny K Harman Menyampaikan Salah satu hal yang akan menjadi pembahasan dalam Raker tersebut, yakni mengenai kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

"Ahok sudah jadi tersangka, maka Senin kita akan Raker dengan Polri dan isu ini (Ahok) akan menjadi isu penting," Kata Benny di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Menurut Benny, tugas komisi III yang membidangi hukum sudah selayaknya menanyakan itu, agar publik juga percaya dan melihat kinerja dewan parlemen.

Raker dengan Kapolri ini juga, kata dia, agar kepolisian menjelaskan terkait penetapan Ahok sebagai tersangka. Hal ini penting untuk memberikan penjelasan secara detail kepada masyarakat umum.

"Menurut kami di komisi hukum, yang penting pihak kepolisian menjelaskan kepada publik kenapa ditetapkan sebagai tersangka. dalam KUHAP jika seseorang menjadi tersangka itu ketika sudah naik Penyidikan," ungkapnya

Seperti diketahui, Kabareskrim Komjen (Pol) Ari Dono pada Rabu (16/11/2016) pagi kemarin telah mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor Gubernur DKI nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Rupatama Mabes Polri.

Dari kesimpulan gelar perkara tersebut Bareskrim memutuskan Ahok ditetapkan sebagai tersangka di kasus penistaan agama‎ dengan ancaman diatas lima tahun penjara.

Selain menetapkan Ahok sebagai tersangka, Ahok juga melanggar Pasal ‎156 a KUHP jo Pasal 28 ayat 2 UU No 11 tahun 2008 tentang ITE. Penyidik juga melakukan pencegahan pada Ahok agar tidak meninggalkan Indonesia.

"Senin depan, Polri kami minta memaparkan proses hukumnya seperti apa, dan alasan hukum bagaimana," tutur Benny

Jurnalis: Adista Pattisahusiwa/Editor: Irvan sjafari/Foto: Adista Pattisahusiwa
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: