SENIN 21 NOVEMBER 2016

LAMPUNG----Ratusan personil prajurit Kodim 0421/Lampung Selatan melaksakan gelar kesiapan prosedur tetap (protap) satuan yang langsung dipimpin oleh Pasiops Kodim, Kapten Arm.Zulkifli yang juga diawasi langsung oleh Kasdim 0421/LS Mayor Inf.Anwar,SE. Penggelaran pasukan ini menurut Pasiops Kodim 0421/LS Kapten Arm.Zulkifli merupakan kegiatan untuk mengantisipasi berbagai kejadian kejadian di wilayah teritorial Kodim Lampung Selatan yang melingkupi wilayah Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan penggelaran pasukan dilakukan seusai melakukan upacara bendera setiap awal pekan dengan tujuan menyiapkan pasukan baik dari kelengkapan maupun kesiapan fisik personil.

Suasana gelar kesiapan prosedur tetap (protap) satuan Kodim 0421/LS.

Kapten Arm.Zulkifli menegaskan kegiatan penggelaran pasukan juga merupakan langkah Kodim 0421/LS dengan melihat kondisi cuaca yang terjadi di wilayah Lampung pada umumnya yang sesuai prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi diguyur hujan dan sejumlah wilayah berpotensi mengalami bencana alam baik di wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran. Selain bencana alam yang bisa terjadi diantaranya banjir, puting beliung kesiapan pasukan juga dilakukan untuk tugas tugas operasi militer selain perang seperti konflik komunal, tawuran dan lain lain yang membutuhkan ketanggapsegeraan dari Kodim 0421/LS.

"Gelar pasukan ini dilakukan secara berkala oleh prajurit Kodim 0421/Lampung Selatan yang diikuti oleh para Danramil, para babinsa agar memiliki kecepatan dan kesigapan saat dibutuhkan dalam berbagai situasi dan peristiwa,"ungkap Pasiops Kodim 0421/Lampung Selatan Kapten Arm.Zulkifli di lapangan Makodim 0421/LS, Senin (21/11/2016).

Kesiapan tersebut juga sekaligus latihan berkala agar setiap prajurit bisa digerakkan sewaktu-waktu dan dibutuhkan oleh komando atas dalam membantu pemerintah daerah baik yang berada di wilayah Lampung Selatan maupun di Kabupaten Pesawaran.

Selain gelaran kesiapan pasukan tersebut berbagai latihan juga dilakukan untuk pengenalan medan diantaranya sebelumnya telah digelar kegiatan ketahanan mars (hanmas) lintas batas pada bulan Oktober lalu yang salah satu tujuannya melatih stamina dan ketahanan stamina prajurit dalam menjalankan tugas.

Kegiatan Hanmars juga merupakan salah satu latihan menghadapi kondisi cuaca terik,jarak tempuh dan medan yang dilalui sehingga dalam menjalankan tugas mampu diemban dengan baik. Setelah kesiapan fisik tak luput juga dilakukan penggelaran pasukan untuk kesiapan seluruh pasukan dalam kesiapan isi ransel sesuai protap yang harus memiliki kesiapan operasi selama 3 hari dan harus dilengkapi.

Salah satu peserta penggelaran pasukan, Kapten Inf.Norizwan Tamin yang juga Komandan Koramil Katibung mengungkapkan sesuai protap, isi ransel yang harus disiapkan oleh setiap prajurit seperti dirinya adalah isi ransel yang berisi barang barang untuk kesiapan operasi dalam jangka waktu tiga hari. Kapten Inf. Norizwan Tamin menegaskan beberapa persiapan kelengkapan yang ada diantaranya: beras, mie instan,sarden,sepatu cadangan, sarung, handuk, baju/celana cadangan, pakaian dalam,alat pembersih untuk sepatu, mandi, cukur jenggot, alat masak, alat makan, peld pled, tempat minum hingga jas hujan.

"Semuanya harus dicek dan diteliti baik secara personal maupun oleh komandan pasukan karena kelengkapan tersebut sangat penting dalam kegiatan operasi apapun sebagai prajurit,"ungkap Kapten Inf.Norizwan Tamin.

Setelah kegiatan upacara bendera, gelar pasukan seluruh prajurit Kodim 0421/LS melanjutkan kegiatan dengan melakukan kegiatan pembersihan area Makodim 0421/LS. Pembersihan dilakukan untuk menjaga keindahan markas Kodim tersebut di antaranya dengan membersihkan sampah dari daun daun pepohonan yang ada di sekitar halaman kodim dan pembersihan sejumlah titik.

Jurnalis:  Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: