KAMIS, 10 NOVEMBER 2016

LAMPUNG---Anggota DPR RI asal Lampung Selatan, Zulkifli Anwar mengaku melihat sektor pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan mulai mengalami kemajuan. Hal tersebut terlihat dari berkembangnya sejumlah perguruan tinggi yang dikelola oleh swasta dan juga menjadikan Lampung Selatan memiliki tempat pendidikan yang bagus terutama setelah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).


Dalam rangka reses anggota, Zulkifli Anwar dari Komisi ll DPR RI asal Partai Demokrat tersebut didampingi oleh Kapten inf Norizwan Tamin melakukan kunjungan sekaligus memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhamadiyah Kalianda. 

Ia mengaku sektor pendidikan telah memberi kontribusi positif bagi pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan terutama bagi pemuda tanpa harus menempuh pendidikan di luar daerah karena sudah ada perguruan tinggi di Lampung Selatan diantaranya Institut Tekhnologi Sumatera (Itera), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhamadiyah dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhamadiyah serta beberapa lembaga pendidikan berkualitas di Lampung Selatan.

“Adanya sarana pendidikan yang bagus maka akan membuat generasi muda kita menjadi generasi yang yang berkualitas dan ke depan akan memberi dampak positif bagi pembangunan apalagi banyak mahasiswa juga merupakan abdi negara di pemerintahan,”ungkap Zulkifli Anwar yang juga mantan Bupati Lampung Selatan tersebut, Kamis (10/11/2016).

Upaya mencapai kualitas pendidikan yang baik tersebut ungkapnya tergantung dari peranan para tenaga pendidik diantaranya dosen yang mengajar para mahasiswa. Ia juga berpesan kepada  rektor STIH Subagio untuk bisa terus meningkatkan perkembangan sekolah tinggi yang ada di Lampung Selatan tersebut. Selain menekankan kualitas pendidikan yang baik, ia juga menjelaskan pentingnya silaturahmi dalam kehidupan bermasyarakat karena saat ini nilai nilai kegotongroyongan, persaudaraan dalam hidup bermasyarakat mulai luntur.

Ia juga berpesan kepada pengurus dan para dosen untuk tidak melupakan kronologis berdirinya STIH Muhamadiyah Kalianda dimana sekitar tahun 2002 pada saat bang Zul menjabat bupati Lampung Selatan ia pernah menghibahkan dana pribadi untuk pembangunan gedung STIH berikut pembangunan gedung dakwah. 

Upaya tersebut dilakukan untuk memajukan sektor pendidikan di Lampung Selatan selain fasilitas bagi mahasiswa ia juga telah menguliahkan sebanyak sepuluh dosen STIH untuk  meraih gelar  S2 di bidang hukum serta lima orang dosen dari STIE Muhamadiyah Kalianda untuk mendapatkan gelar S2 di bidang ekonomi.

“Saya ingin meletakkan dasar pendidikan bermutu bukan hanya dari sisi fisik bangunan melainkan kualitas sumber daya manusianya sehingga dosen banyak yang saya kuliahkan ke jenjang yang lebih tinggi dan ini bentuk kecintaan pada Lampung Selatan,”ungkapnya.

Kedepan ia berharap program yang dilakukannya saat menjadi bupati Lampung Selatan dan kini dirinya sudah menjadi legislator di DPR RI program tersebut dapat dilanjutkan oleh Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dalam meningkatkan kualitas Intelektual para dosen. Selain itu ia berharap perkembangan dunia pendidikan di kabupaten gerbang Sumatera tersebut akan semakin maju.

Selain memberikan kuliah umum kepada mahasiswa STIH dan STIE dan bersilaturahmi dengan para dosen dan mahasiwa, legislator asal Lampung Selatan dalam masa resesnya tersebut juga mengunjungi para pejabat di lingkungan Pemkab Lampung Selatan. Diterima oleh Bupati Lampung Selatan, Zainuddin Hasan serta para pejabat di lingkungan Pemkab Lampung Selatan ia berpesan kepada pejabat yang hadir agar jangan membanding bandingkan pemimpin yang sekarang dan pemimpin yang sebelumnya karena hal tersebut dapat mengganggu perputaran roda pemerintahan

Ia juga berpesan agar para pejabat di lingkungan Pemda Lamsel harus menyayangi sang pemimpin saat ini dan mendukung kebijakan yang telah dibuat agar bisa melayani masyarakat. Sebaliknya  sang pemimpin juga harus juga menyayangi bawahannya untuk kelangsungan pemerintahan yang baik.


Selain mengunjungi Lampung Selatan Zulkifli Anwar juga melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Pesawaran. Sebagai dua wilayah otonomi yang baru ia berharap kabupaten yang ada di Lampung bisa lebih cepat maju dalam bidang pembangunan terutama dengan mulai dibangunnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pembangunan JTTS diharapkannya memberi dampak positif bagi wilayah yang dilalui terutama kemajuan ekonomi bagi masyarakat.
Jurnalis : Henk Widi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: