SENIN, 21 NOVEMBER 2016

LAMPUNG --- Kwartir cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung siap melakukan kegiatan penanaman pohon dan penghijauan di sejumlah tempat dan di sepanjang jalan lintas kabupaten Mesuji. Upaya tersebut merupakan tahap kedua program gerakan pramuka di salah satu kabupaten muda di Provinsi Lampung yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan setelah sebelumnya menanam sekitar 1000 pohon di sejumlah sekolah. 


Sekretaris Kwarcab Kabupaten Mesuji, Ely Jatmiko, upaya penghijauan dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Mesuji yang mendukung melalui kepala daerah dalam hal ini Khamamik sebagai bupati Mesuji.

Ely Jatmiko mengungkapkan, penghijauan yang telah dilakukan oleh anggota Pramuka Kwarcab Mesuji diantaranya di sepanjang Jalan Zainal Abidin Pagar Alam (ZAP), Jalan Wiralaga serta sejumlah jalan lain yang merupakan jalan kabupaten. Selain itu sejumlah area sekolah juga telah ditanami dengan pohon penghijauan terutama di sekitar lapangan, sekolah dan fasilitas umum yang dilakukan saat kegiatan perkemahan dan juga hari Pramuka. Niat yang besar untuk menghijaukan Kabupaten Mesuji yang berusia sekitar sembilan tahun tersebut.

"Gerakan Pramuka di Kabupaten Mesuji memang harus terus berbuat banyak ikut memajukan kabupaten paling ujung di Lampung ini salah satunya dengan melakukan penanaman sejumlah pohon di ruas jalan Kabupaten dan sejumlah tempat,"ungkap Ely Jatmiko yang merupakan salah satu guru sekolah dasar di Kabupaten Mesuji tersebut dalam keterangan tertulisnya kepada Cendana News, Senin (21/11/2016).

Sasaran penanaman berbagai jenis pohon selain jalan kabupaten juga jalan jalan di sekitar beberapa kantor kwartir ranting yang ada di setiap kecamatan dengan melibatkan anggota Pramuka di masing masing kwartir ranting (Kwaran). Selain itu beberapa ruas jalan baru yang telah dikerjakan oleh pemerintah Kabupaten Mesuji dengan sistem dua jalur juga akan ditanami dengan berbagai jenis pohon diantaranya jenis pohon nangka kerdil, cempedak, bungur, kelengkeng, gelodok, pohon trembesi serta berbagai jenis pohon peneduh lain.

Sasaran di ibukota Kabupaten Mesuji, Wiralaga Mulya, menurut Ely Jatmiko telah menunjukkan hasilnya dengan dilakukan penanaman sejak Kabupaten Mesuji pertama kali dibentuk pada tahun 2008. Langkah penghijauan pun terus dilakukan oleh gerakan pramuka kabupaten tersebut sebagai bentuk partisipasi gerakan pramuka kepada pemerintah. 

Tanaman peneduh yang akan dugunakan untuk penghijauan sepanjang jalan di Kabupaten Mesuji Lampung
Ely bersama pembina pramuka lainnya, Suryadi, bahkan melakukan perjalanan lintas kabupaten untuk meminta ribuan bibit yang akan ditanam di Kabupaten Lampung Selatan di persemaian permanen Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan tempat pembibitan milik Kementerian Lingkyngan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Balai pengelolaan Daerah Aliran sungai WaY Seputih Way Sekampung (BPDAS-WSS).

"Ia kami memang mengajukan prpoposal permintaan ribuan bibit yang akan kami tanam sejak lama melalui berbagai tahap sambil menunggu bibit yang akan kami ambil siap ditanam,"ungkap Ely Jatmiko.

Ia mengaku beruntung manager persemaian permanen, Slamet SP, memberi keleluasaan bagi Kwarcab Mesuji untuk memfasilitasi pramuka dalam penyediaan bibit yang akan ditanam. Sesuai dengan peruntukkannya bahkan sejumlah bibit telah diperoleh selanjutnya akan ditampung di kantor Kwarcab Kabupaten Mesuji untuk ditanam pada sejumlah pinggir ruas jalan di Kabupaten Mesuji yang berbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) Sumatera Selatan tersebut.

Ely Jatmiko juga mengaku bulan Desember menjai bulan yang cocok untuk melakukan penghijauan di beberapa areal yang dipilih karena curah hujan cukup baik. Curah hujan yang baik tersebut dimanfaatkan untuk masa penanaman dengan harapan setelah ditanam perawatan penyiraman tidak perlu dilakukan hanya perawatan dengan membuat pagar agar tanaman tetap tumbuh dengan baik. Selain ditanam di sejumlah ruas jalan untuk penghijauan dan tanaman peneduh, Kwarcab Mesjui menurut Ely Jatmiko juga akan dilakukan penanaman di bumi perkemahan dalam kegiatan Pramuka.

"Sebagai anggota pramuka dan juga generasi muda di Mesuji seluruh anggota pramuka senang melakukan upaya penghijauan karena langkah tersebut ikut membantu program pemerintah daerah,"ungkap Ely Jatmiko.
Jurnalis : Henk Widi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: