JUMAT, 18 NOVEMBER 2016

MALANG --- Mengingatkan kembali budaya Indonesia di kalangan mahasiswa yang sudah mulai luntur, Lembaga Kebudayaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengadakan sebuah acara bertajuk 'Festival Seni Budaya 2016' di Dome UMM. Acara yang dihelat selama dua hari 18 hingga 19 November 2016 ini mengambil tema 'Penguatan Warisan Seni dan Budaya Berkepribadian Nusantara'.

Pengunjung memadati stand pameran dalam kegiatan Festival Seni Budaya UMM 2016
"Kegiatan ini sudah diadakan sebanyak dua kali dan merupakan kegiatan rutin dua tahunan dari Lembaga Kebudayaan UMM," jelas salah satu panitia acara, Rheo kepada Cendana News, Jumat (18/11/2016).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Festival Seni Budaya 2016, diantaranya pameran dan bazar, permainan tradisional, Wayang Potehi, ethnic music, photography competition serta lomba tari dan karawitan.

Diseburkan, peserta lomba tidak hanya dari mahasiswa, seperti untuk lomba tari dan karawitan pesertanya adalah pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. Untuk lomba Tari nantinya yang akan menjadi kriteria penilaian adalah wiraga, wirupa, wirasa dan wirama. Sedangkan kriteria penilaian lomba karawitan yaitu keselarasan irama, penampilan dan kekompakan antar peserta dalam satu tim.

"Selain itu kami juga ada cara apresiasi seni dan budaya dengan keynote speech Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid," ujarnya.


Rheo berharap dengan adanya acara Festival Seni Budaya tersebut masyarakat khususnya mahasiswa bisa turut melestarikan budaya-budaya asli Indonesia.

"Yang terpenting kita harus mencintai dulu kebudayaan Indonesia, karena kalau kita sudah cinta terhadap budaya maka secara tidak langsung kebudayaan tersebut akan berkembang dan tetap eksis,"pungkasnya.
Jurnalis : Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: