RABU 9 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN---Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Pemkot Balikpapan menargetkan tahun ini akan menuntaskan 15 Raperda yang dihasilkan menjadi Perda. Target itu dari 34 Raperda yang diusulkan.

Ketua Baperda DPRD kota Syafruddin
Ketua Baperda DPRD kota Syafruddin mengungkapkan dari 15 perda itu terdapat Tujuh Perda yang sudah ditetapkan yakni Perda Pelayanan Publik, Pembentukan PD Pasar, Rumah Pemotongan Unggas, Perubahan Perda Pengelolaan Barang Milik Daerah, Pengelolaan Kebun Raya Balikpapan, revisi Perda nomor 3 tahun 2008 tentang PDAM, serta Pemberdayaan UMKM.

"Insya Allah tahun ini ada 13 Perda. Satu inisiatif kita soal perda sanitasi dan lima ini menyusul dalam pembahasan kita dengan Pemkot. 13 Perda ini akan selesai tahun ini," jelasnya, Rabu (9/11/2016).

Menurutnya, saat ini masih ada 5 raperda yang sudah masuk finalisasi pembahasan DPRD dengan Pemkot Balikpapan untuk pandangan akhir fraksi-fraksi atau satu tahap lagi, yakni Raperda Bangun Gedung, Raperda Penataan dan Pembinaan Pasar, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, Raperda Pemakaman, Raperda Penyelenggaraan Perizinan Bidang Kesehatan dan Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah.

"Sebelum disahkannya Raperda ini menjadi Perda masih harus difasilitasi oleh biro Hukum Pemprov Kaltim dan Kantor Menkumham Provinsi Kaltim untuk dilakukan review apakah bertentangan dengan peraturan di atas atau tidak," katanya kepada Cendana News.

Selanjutnya Syafruddin menambahkan, bersama SKPD terkait diundang ke provinsi untuk mensinkronkan kesepakatan yang ada di Raperda. Kalau sudah sepakat tinggal diparipurnakan.
Ketika disinggung minimnya raperda menjadi perda Syafruddin menyebutkan karena mekanisme yang cukup panjang dan banyaknya aturan-aturan yang diatas yang harus dipelajari.

"Kita harus sinkronkan ulang atau selaraskan antara DPRD dan pemerintah kalau itu menghambat investasi, sehingga perlu dikaji ulang seperti beberapa perda yang dibahas saat ini," tambahnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: