RABU 30 NOVEMBER 2016

SOLO --- Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Tegalsari, Desa/Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, pada Selasa petang kemarin (29/11/16). Sembilan warga dilaporkan menjadi korban dalam longsor akibat guyuran hujan yang melanda wilayah lereng gunung Lawu Tersebut.

Situasi pasca longsor di Dusun Tegalsari, Karanganyar.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho mengatkan, proses evakuasi dan pencarian korban hingga Rabu siang (30/11) masih terus dilakukan. Sebab, masih ada warga yang dilaporkan hilang dalam musibah tersebut.

"Ada dua warga yang belum ditemukan, dan hingga siang ini masih kita lakukan pencarian," ucapnya kepada Cendana News, di lokasi longsor, Rabu siang (30/11/16).

Disebutkan, longsor yang terjadi di aliran Sungai Banyu Kuning Dusun Tegalsari, RW 01, RW 15 itu menimpa 9 warga setempat yang tengah berada di ladang. Satu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, 6 warga dapat menyelamatkan diri, dan 2 warga lainnya belum ditemukan. 

Adapun korban meninggal yang telah ditemukan adalah Sutoyo (75), warga Dusun Nigasan, RT 01, RW 06, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Untuk korban yang belum ditemukan adalah Mbah Darmo atau Mbah Dinem (70), warga Dusun Tegalsari, Karangpandan, dan Gito Gimin (50) warga Dusun Sitru, Desa Doplang, Karangpandan."Ratusan Tim Sar, relawan, TNI/Polri dan anggota BPBD tengah dikerahkan dilokasi untuk mencari keberadaan warga yang belum ditemukan," imbuhnya.

Dikatakan lebih lanjut Nugroho, enam warga yang selamat dari musibah itu masing-maisng bernama, Paiman, Sodi, Samino, Basuki, Sarmin, dan Suparni. "Mereka katanya saat kejadian tengah memanen padi dan cabai," ungkapnya.

Dari pantauan Cendana News, hingga pukul 13.00 WIB, Gabungan Tim SAR belum menemukan dua warga yang menjadi korban bencana longsor tersebut. Pencarian terus dilakukan, salah satunya dengan menerjunkan disel air untuk menggerus material longsoran.

Jurnalis: Harun Alrosid/Editor: Irvan Sjafari/Foto; Harun Alrosid
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: