KAMIS, 17 NOVEMBER 2016

SURABAYA--- Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) siap mendanai penelitian atau riset yang digagas dalam kerangka kerja sama Eastern Part of Indonesia-University Network (EPI-UNET). 

Direktur Dana Kegiatan Pendidikan LPDP, Abdul Kahar
Direktur Dana Kegiatan Pendidikan LPDP, Abdul Kahar mengatakan, sesuai dengan visi dan misi LPDP, maka pihaknya siap untuk mendanai usulan-usulan riset bersama dari para anggota EPI-UNET.

“Kami merasa terbantu jika memang gagasan untuk melakukan kolaborasi riset bisa diwujudkan dalam satu atau beberapa proposal bersama yang perisetnya datang dari berbagai disiplin ilmu dan juga dari berbagai perguruan tinggi,” ujarnya dalam acara Presidential Forum EPI-UNET di Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Kamis (17/11/2016). 

Tata cara pengajuan dan penggunaan anggaran untuk penelitian yang dianut LPDP, imbuh Kahar, berbeda dengan penggunaan dana APBN. Pengajuan dan penggunaan dana LPDP untuk kepentingan riset lebih fleksibel, tidak bergantung pada tahun anggaran dan bisa bersifat multi years.

“Ini terobosan yang dilakukan LPDP dalam hal pembiayaan riset, karena jika patokannya pada tahun anggaran sebagaimana pada pertanggungjawaban penggunaan dana APBN, maka riset tidak akan jalan dan berkembang,” jelasnya

Terkait dengan program riset bersama dengan anggota EPI-UNET, Abdul Kahar merasa terbantu dan juga akan dapat menjalankan amanah yang diterima LPDP dalam hal pengembangan riset atau penelitian yang bermuara pada hilirisasi hasil-hasil penelitian.

“Kami sangat yakin EPI-UNET yang berada dalam koordinasi ITS ini akan mampu mengajukan penelitian-penelitian yang tidak hanya unggul tapi juga dapat bermanfaat dan bisa digunakan bagi masyarakat,” paparnya.

Melalui EPI-UNET ini, lanjutnya, kedepan proposal penelitian yang dimasukkan ke LPDP akan lebih bermutu dan kami siap untuk membiayai sepanjang masih dalam koridor dan ruang lingkup kelompok penelitian yang harus dibiayai LPDP.
Jurnalis : Nanang WP / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Nanang WP
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: