KAMIS, 10 NOVEMBER 2016

KEEROM---Mandos salah satu murid yang menerima buku bersampul gambar dan sejarah singkat Pahlawan Nasional asal Papua mengaku sangat senang atas apa yang telah diberikan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), setelah dirinya mengikuti upacara bendera Hari Pahlawan Nasional di sekolahnya, Kamis (10/11/2016).


Mandos adalah salah satu murid SD Inpres di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom kepada Cendana News mengaku sangat senang dan sekaligus mengucapkan terima kasih atas pemberian buku tulis yg diberikan oleh anggota TNI yang bertugas di Pos Kali Asin.

"Bukunya bagus sekali, ada gambar pahlawannya, di belakang buku ada cerita pahlawannya juga, terima kasih bapak-bapak TNI," kata Mandos.

Terdapat empat Pahlawan Nasional asal Papua yang terpampang pada sampul buku tulis dibagikan yakni Johanes Abrajam Dimara, Marthen Indey, Silas Papare dan Frans Kaisiepo.

Bagi-bagi 1.011 buku tulis bersampul foto Pahlawan Nasional asal Papua ini sepanjang jalan menuju perbatasan RI-PNG yang terdapat sekolah-sekolah yakni diDistrik Muaratami, Kota Jayapura, Distrik Arso dan Arso Timur, Kabupaten Keerom. Pembagian buku tersebut dilaksanakan usai upacara peringatan Hari Pahlawan dan para Komandan Pos Jajaran Satgas Pamtas Yonif 122/TS  menjadi Pembina Upacara sekaligus memberikan pesan-pesan untuk generasi muda khususnya anak-anak sekolah di Perbatasan RI-PNG.

"Inisiatif ini muncul karena saya memandang perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) warga perbatasan RI-PNG sejak dini. Salah satunya adalah dengan memberikan tambahan pengetahuan tentang pahlawan nasional bagi anak-anak perbatasan. Mereka harus mengetahui pahlawan nasional khususnya yang berasal dari Papua," kata Dansatgas Pamtas Yonif 122/TS Letkol Inf Kohir.

Dengan harapan, calon penerus bangsa Infonesia di wilayah perbatasan RI-PNG dapat termotivasi ataupun menunjang belajar juga mereka dan lebih mengenal dekat sosok pahlawan nasional yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia di Papua.

"Sebelumnya kami juga pernah membagikan buku tulis sampul merah putih dengan gambar Garuda Pancasila, saat itu bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-71, dan kini saya bagi-bagi buku tulis lagi dengan tema kepahlawanan karena bertepatan dengan hari Pahlawan," ujarnya.

Dalam menjaga perbatasan RI-PNG memang sangat dibutuhkan kreatifitas serta dedikasi yang tulus agar warga perbatasan dapat merasa aman dan juga keberadaan TNI di perbatasan juga dapat membantu warga dalam mengatasi berbagai kesulitannya. 
Jurnalis : Indrayadi T Hatta / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Indrayadi T Hatta
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: