JUMAT, 4 NOVEMBER 2016

SUMENEP --- Banyaknya lahan produktif di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang telah dibeli dan dialihfungsikan menjadi tambak udang oleh investor diduga karena adanya permainan tingkat elit di daerah setempat. Pembangunan tambak yang digarap investor tersebut merupakan lahan pertanian produktif, sehingga semestinya lahan tersebut dilindungi agar tidak dialihfungsikan, namun pada kenyataannya pembangunan di lahan produktif tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun.


"Kami menduga adanya konspirasi tingkat elit yang ada di daerah ini, karena lahan produktif yang dibeli oleh investor itu sudah berubah menjadi tambak udang. Padahal semestinya lahan pertanian produktif itu dilindungi, agar ketahanan pangan kedepan terus terjaga," kata Ahmad Zainullah, salah seorang Tokoh Pemuda Kabupaten Sumenep, Jumat (4/11/2016).

Seharusnya pemerintah daerah dalam memberikan izin terhadap investor yang ingin mendirikan tambak udang di lahan pertanian produktif mengkaji secara matang terlebih dahulu. Jika dipermudah seperti itu, kemungkinan besar kedepan lahan produktif yang ada di daerah ini akan semakin tergerus. Masyarakat yang mayoritas mendapat penghasilan dari mengandalkan sektor pertanian akan lenyap ditelan waktu.

Disebutkan, dugaan adanya permainan ditingkat elit tersebut bukan di pembelian lahan, melainkan itu terjadi saat pendirian bangunan tambak udang yang harus mengantingi ijin dari Pemeritah Daerah (Pemda) ini. Dimana bangunan yang berdiri diatas lahan pertanian produktif tersebut berjalan dengan baik, seharus keberadaan lahan produktif tersebut harus dilindungi agar kondisi pangan di daerah ini tetap aman.

"Mestinya lahan pertanian produktif itu tetap dipertahankan serta diperjuangkan, bukan dipermudah dialihfungsikan menjadi tambak udang. Makanya pemerintah juga memperhatikan kondisi sosial serta lingkungan di sekitar tambak udang, karena bagaimanapun nantinya yang akan dirugikan adalah masyarakat di daerah dampak," jelasnya.

Sampai saat ini pembelian lahan di daerah ujung timur Pulau Madura semakin marak, terutama di wilayah pesisir utara, seperti di Kecamatan Dasuk, Ambunten, Batu Putih dan Dungkek. Bahkan lahan yang telah dibeli oleh investor tersebut rata-rata dibangun menjadi tambak udang.
Jurnalis : M. Fahrul / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : M.Fahrul
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: