SENIN, 28 NOVEMBER 2016
MALANG---Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya (FKG UB) bekerjasama dengan Unilever dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengadakan acara pemeriksaan gigi gratis yang digelar selama tiga hari (26-28 November 2016) di Rumah Sakit UB.

"Periksa gigi gratis ini sebenarnya merupakan rangkaian panjang dari kegiatan bulan kesehatan gigi nasional yang merupakan hasil kerjasama antara Unilever, PDGI dan FKG di seluruh Indonesia," jelas Ketua Pelaksana drg. Dyah Nawang Palupi,M.Kes., kepada Cendana News, Senin (28/11/2016).

Ia menambahkan, kegiatan periksa gigi gratis dimulai pertama kali di FKG Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 15 September yang lalu. Kemudian rangkaian kegiatan tersebut berjalan di semua 21 FKG dan yang terakhir di adakan di Malang.

Masyarakat antusias mendaftar pemeriksaan gigi gratis di rumah sakit UB.
Lebih lanjut Dyah mengatakan bahwa dalam kegiatan pemeriksaan gratis kali ini ditargetkan menerima 1.000 pasien selama tiga hari.

"Alhamdulillah animo masyarakat sangat tinggi terhadap kegiatan ini, bahkan pasien yang datang melebihi target hingga mencapai angka 1.242 pasien. Tidak hanya itu, meskipun pemeriksaan baru dibuka pukul 08.00 WIB tapi masyarakat sudah terlihat mengantri sejak pukul 06.00 WIB," ungkapnya. Pasien tidak hanya datang dari Malang raya tetapi juga ada yang datang dari Sidoarjo, Tulungagung, dan Blitar.

Disebutkan, dalam acara pemeriksaan gigi tersebut pasien bisa mendapatkan pelayanan gratis berupa pembersihan karang gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi dan pencegahan gigi berlubang. Tidak hanya itu, pasien juga bisa mendapatkan edukasi cara menyikat gigi yang benar sekaligus diajak untuk melakukan praktek sikat gigi secara langsung.

Suasana pemeriksaan gigi gratis di rumah sakit UB.
"Di sini kami mengerahkan 290 tim medis yang terdiri dari 240 dokter gigi muda yang bertugas sebagai operator dan 50 dokter gigi sebagai instruktur," terangnya.

Dengan adanya pemeriksaan gigi gratis ini diharapkan masyarakat bisa lebih peduli lagi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

"Paling tidak mereka bisa menjaga giginya dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali," pungkasnya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq / Editor: Satmoko / Foto: Agus Nurchaliq
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: