MINGGU, 20 NOVEMBER 2016
PONOROGO---Wisata alam air terjun tentunya sudah tidak asing lagi, namun di Grojokan Kokok, Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo ini menawarkan pemandangan yang lain dari biasanya. Selain ada air terjun, juga terdapat sebuah gua dan batu berlapis yang semakin menambah keindahan. Tempat wisata yang berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Ponorogo ini masih tergolong asri.

Jika hendak berkunjung ke tempat wisata ini pastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan prima. Wisatawan pun juga harus dalam keadaan prima, pasalnya dari tempat parkir kendaraan menuju air terjun harus melewati jalan setapak sepanjang 1 kilometer namun kontur tanahnya yang berbukit dan terjal mampu membuat wisatawan bercucuran keringat.

Salah satu warga Desa Temon, Tukijem (45) menjelaskan tempat wisata ini dibuka setiap hari dan puncaknya setiap hari Minggu dan hari libur dipastikan ramai pengunjung.

Keindahan yang memikat dari air terjun Grojogan Kokok.
"Karena berbatasan langsung dengan Trenggalek, banyak juga wisatawan dari Trenggalek," jelasnya kepada Cendana News di lokasi, Minggu (20/11/2016). Selain wisatawan dari Trenggalek juga terdapat wisatawan dari Magetan dan Pacitan. Kebanyakan para wisatawan ini berasal dari anak sekolah yang penasaran dengan keindahan Grojokan Kokok.

"Meski aksesnya susah, tapi di Grojokan Kokok memang bagus buat foto-foto," ujarnya.

Meski baru dibuka untuk umum sejak 7 bulan lalu, tempat wisata ini perlahan tapi pasti mulai dilirik oleh wisatawan. "Banyak anak sekolah yang berkunjung ke sini, bahkan anak laki-laki saya pernah saya suruh mengantar soalnya ada wisatawan yang baru sampai di sini pukul 17.00 WIB," cakapnya.

Lanskap air terjun Grojogan Kokok yang menawan.
Karena khawatir dengan keselamatan wisatawan banyak warga yang menunggu kepulangan wisatawan asal Magetan tersebut. Ibu dua orang anak ini mengakui akses jalan masih susah, namun sudah mulai ada perhatian dari pemerintah setempat.

"Maunya akses jalan segera diperbaiki biar semakin ramai, sekarang kan masih gratis tiket masuk," imbuhnya.

Wisatawan asal Ponorogo, Aldila Candra (24) menambahkan informasi wisata Grojokan Kokok ini ia dapatkan dari media sosial.

"Meski capek tapi terbayar dengan keindahan air terjunnya, bagus sekali," tukasnya.

Kondisi sungainya menantang bagi pecinta arung jeram.
Ia pun mengeluhkan akses jalan setapak yang sulit dilalui saat mendekati air terjun. Menurutnya, akses jalan harus diperbaiki agar lebih mudah dilewati.

"Setidaknya jalan setapak mudah dilalui, saat ini kondisinya hampir sama dengan akses jalan menuju sawah warga, kalau tidak ada penunjuk jalan yang jelas wisatawan bisa kesasar," pungkasnya.

Jurnalis: Charolin Pebrianti / Editor: Satmoko/ Foto: Charolin Pebrianti

Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: