SENIN, 21 NOVEMBER 2016

JAKARTA --- Dua warga negara Indonesia (WNI) untuk kesekian kalinya kembali menjadi korban dalam sebuah aksi penculikan yang diduga dilakukan oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Malaysia pada Sabtu (21/11/2016).

Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia
"Saya baru saja melaporkan secara resmi kepada Bapak Presiden Joko Wiidodo terkait dengan kejadian penculikan yang menimpa dua ABK WNI. Pelaku penculikan diduga adalah salah satu kelompok bersenjata Abu Sayyaf, Tempat Kejadian Perkara berada di wilayah perairan salah satu Negara Bagian di Malaysia" kata Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia kepada wartawan di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Kedua ABK WNI yang diculik kabarnya sudah dibawa oleh kelompok penculi menuju ke perairan Negara Filipina bagian selatan. Informasi terbaru menyebutkan bahwa posisi kedua sandera tersebut saat ini kemungkinan sudah berada di Kepulauan Sulu, Mindanao, Filipina Selatan.

"Menurut informasi terbaru yang kita terima, kemungkinan posisi kedua ABK WNI tersebut sudah memasuki wilayah perairan Sulu, Negara Filipina bagian Selatan, sebenarnya pola dan modus operandi para penculik kelompok bersenjata tersebut hampir sama dengan kejadian yang menimpa para ABK sebelumnya, maka dengan kami meminta agar Pemerintah Malaysia dan Pemerintah Filipina lebih memperketat keamanan terutama di sepanjang jalur perairan yang sering dilalui oleh kelompok bersenjata tersebut,"sebutnya.

Menlu Retno Marsudi telah melaporkan secara resmi kepada Presiden terkait dengan perkembangan dan situasi terkini ABK WNI yang sehari-harinya diketahui bekerja atau mencari nafkah di kapal nelayan pencari ikan.

Selain itu ia juga berkomunikasi secara intensif dengan Menteri Luar Negeri Filipina dan juga kepada Presiden Filipina, Rodrigo Duterte sehari setelah menerima laporan lengkap terkait dengan penculikan dari Kementrian Luar Negeri dan dari berbagai pihak terkait.
Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Eko Sulestyono
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: