JUMAT, 25 NOVEMBER 2016

SOLO --- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA ), Yohana Susana Yembise menyebutkan, pertahanan keluarga dan masyarakat sangat penting dalam mencegah kekerasan anak sejak dini. Hal tersebut disebutkannya saat menghadiri Diskusi Musikal yang digelar di Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat sore (25/11/2016).

Diskusi Musikal Bersama Lindungi Anak (Berlian)
"Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar tentang pentingnya keluarga dan masyarakat dalam melindungi anak. Terciptanya masyarakat yang saling peduli dan sensitif terhadap berbagai tindak kekerasan. Ini guna mewujudkan kehidupan damai dan sejahtera dalam NKRI yang sangat kita cintai," ujar Menteri Yohana. 

Dijelaskan, diskusi Musikal Bersama Lindungi Anak (Berlian) merupakan bentuk komitmen Pemerintah dalam mencegah dan memerangi maraknya kasus kekerasan pada anak. Sebab, hal tersebut sebagai bentuk tantangan yang harus segera diselesaikan secara bersama.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mencegah di antaranya dengan menghindari kekerasan dalam mendidik. Menanamkan pola pengasuhan yang memberi kebebasan dalam mengembangkan potensi sesuai minat dan bakat dengan mengoptimalkan Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence).

“Langkah berikutnya adalah dengan memperkuat peran keluarga dengan membangun komunikasi yang baik dan penuh kasih sayang untuk memberi rasa aman serta mengawasi anak agar terlindungi dari bahaya yang mengancam,” tekannya.

Meningkatkan mekanisme penegakan hukum untuk memberikan efek jera bagi pelaku serta memantau bersama proses penegakan hukum agar berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Optimalisasi peran pendidik dalam mencegah terjadinya kekerasan (Bullying) dengan membangun komunikasi positif yang terbuka antara pendidik dan murid.

"Dan yang terakhir memperkaya keterampilan diri dan membekali dengan pemahaman akan kesehatan reproduksi dalam mencegah kekerasan yang terjadi pada anak,” tandas Menteri Yohana.

Bantuan berupa alat musik dan komputer sebagai bentuk apresiasi kepada anak anak di Karanganyar
Acara Diskusi Musikal Berlian dihadiri oleh 350 anak serta dimeriahkan oleh penampilan band Sisters in Danger. Dalam rangkaian acara Menteri Yohana yang didampingi oleh Sekretaris Kementerian PP dan PA, Wahyu Hartomo dan Deputi Bidang Perlindungan Anak, Pribudiarta Nur Sitepu memberikan bantuan berupa alat musik dan komputer sebagai bentuk apresiasi kepada anak anak di Karanganyar. Rangkaian kunjungan kerja Menteri Yohana ditutup dengan meninjaui aktivitas masyarakat di Dusun Bibis, Kelurahan Jungke, Karanganyar, Jawa Tengah. 
Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: