SELASA 22 NOVEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Ketinggian Air Waduk Manggar yang menjadi penyuplai air bersih bagi warga Balikpapan terus bertambah, menyusul cuaca hujan yang terus mengguyur kota minyak. Meski demikian, PDAM Tetap seleksi pelanggan baru dengan melihat daerahnya.

Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi.

Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi mengungkapkan pada Senin siang (22/11) level air waduk tadah hujan Manggar mencapai 9,5 meter. Ketinggian tersebut belum dapat dikatakan aman, karena amannya diatas 10 meter untuk persediaan air bersih untuk warga Balikpapan.

"Ketinggian level waduk 10 meter dapat membantu proses penyaringan kualitas air secara alami, baru dapat dikatakan aman. Saat ini khawatirnya terjadi gangguan kualitas air akibat tidak adanya aliran buangan (limpasan) secara alami," katanya.

Tinggi level air waduk menurutnya juga belum dapat dikatakan distribusi air bisa berjalan normal. Karena sangat dipengaruhi kapasitas distribusi. Daerah jauh dan tinggi diakui secara teknis belum dapat terlayani dengan maksimal.

Terkait dengan penambahan pelanggan atau sambungan baru, Haidir mengatakan sambungan baru dimulai bulan Juni hingga sekarang sudah ada 1.700 sambungan baru. Enam bulan pertama tahun 2016 tidak ada penambahan pelanggan karena kondisi krisis air yang saat itu musim kemarau.

"Penambahan pelanggan baru dapat dilakukan bulan Juni kemarin. Targetnya 2500 pelanggan baru, sekarang sudah ada 1700 sambungan baru yang terealisasi," ujarnya, Selasa, (22/11/2016).

Haidir menambahkan penambahan sambungan baru masih selektif karena melihat daerah jangkauannya dan kualitas pendistribusiannya. "Kita juga terus jaga kualitas pendistribusian baik tinggi maupun rendah," tambahnya.

Saat ini jumlah pelanggan PDAM mencapai 94.500 lebih sambungan. Dan ditargetkan hingga akhir tahun 95.000 pelanggan atau sambungan baru.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: