MINGGU, 6 NOVEMBER 2016

BANDUNG --- Beras dikenal sebagai makanan pokok yang banyak dikonsumsi rakyat Indonesia. Banyak cara mengolah beras hingga menjadi nasi yang nikmat untuk dikonsumsi. Seperti yang dilakukan masyarakat Jawa Barat, dimana beras kerap dimasak menjadi sangu liwet. Sangu liwet alias nasi liwet khas Sunda ini biasanya dimasak menggunakan kastrol atau periuk dan lebih nikmat jika dimakan hangat dengan cara botram alias bersama-sama.


Cara membuatnya pun tidak sulit, langkah pertama oseng 4 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih yang sudah di iris tipis di dalam kastrol. Tunggu sampai harum lantas masukan beras yang sudah dicuci bersih.

Setelah itu masukan pula 2 potong laos dan 2 batang sereh yang sudah digemprek. Ditambah 1 lembar daun pandan, 3 lembar daun salam dan 2 lembar daun jeruk. Kemudian beri garam dan penyedap rasa secukupnya. Lalu beri campuran air dan santan hingga satu ruas jari di atas beras. Masak di api kecil, hingga nasi benar-benar matang. Tunggu hingga pinggiran nasi menjadi kerak, setelah itu siap dihidangkan.

Nasi liwet ini akan lebih mantap jika dipadukan dengan ikan asin jambal, ikan teri, ayam goreng, ikan goreng, tahu goreng, tempe goreng, lalapan mentah dan sambal terasi.


Asep Awaludin (33), salah seorang penikmat nasi liwet asal Kota Bandung menilai paling sedap jika dimakan dengan petai atau jengkol. Ia mengaku kerap membuat nasi liwet bersama rekan-rekannya dan dimakan dialas dengan daun pisang.

"Kalau saya biasa bikin (nasi liwet) seperti itu, biasanya makan rame-rame. Nasi yang menempel di kastrol karena sudah jadi kerak pasti menjadi buruan, karena itu paling nikmat," ujar Asep.

Sementara itu, Susan (42) penjual nasi liwet di Jalan Sudirman, Kota Bandung mengklaim penikmat nasi liwet ini menyentuh berbagai kalangan. Makanan tradisional ini menurutnya tetap digemari sekalipun kini banyak bermunculan penjual makanan asing.

"Yang jelas enggak akan kalah nasi liwet sama makanan yang lainnya. Karena memang nikmat," kata Susan. 

Diketahui, selain di Tanah Pasundan, nasi liwet juga konon jadi makanan favorit di Solo, Jawa Tengah.

Jurnalis : Rianto Nudiansyah / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Rianto Nudiansyah
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: