MINGGU, 27 NOVEMBER 2016
MAUMERE---Anggota notaris wilayah Flores I yang meliputi Kabupaten Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Sumba Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya belum ada yang memiliki masalah hukum dalam menjalani profesi sebagai notaris.

Demikian disampaikan Gervasius Portasius Mude, selaku dewan kehormatan notaris wilayah Flores I dan wakil ketua IV pengurus wilayah Ikatan Notaris Indonesia Wilayah NTT kepada Cendana News Sabtu (26/11/2016) saat Musda Pengurus Daerah Wilayah Flores I di Maumere.

Dikatakan Grave, sapaannya, sebagai dewan kehormatan dirinya biasanya memberikan nasehat dan masukan serta mendampingi notaris yang mengalami masalah saat dipanggil polisi dan kejaksaan.

“Biasanya terkait masalah praktik di mana mereka terbawa dengan keluhan kilien sehingga akhirnya melakukan hal-hal di luar kode etik," ujarnya.

Rosalia Kuki Nurak,S.H.M.Kn, Ketua Terpilih Ikatan Notaris Indonesia (INI) wilayah Flores I.
Penyelenggaraan Musyawarah Daerah (Musda) yang sedang dilaksanakan, beber Grave, dilakukan setelah  ada konferensi tingkat pusat dan wilayah dimana 3 bulan setelah itu harus dilakukan konferda untuk memilih ketua pengurus daerah dan dewan kehormatan.

“Pengurus daerah ini mengorganisir semua notaris di daerah sedangkan ketua dewan kehormatan memberikan nasehat dan masukan kepada notaris yang mengalami masalah,” ungkapnya.

Ketua panitia Musda ini menjelaskan, Musda merupakan ajang pertanggungjawaban pengurus lama dan pemilihan pengurus baru yang akan membuat program kerja untuk masa bakti 3 tahun ke depan.

Pimpinan sidang Musda INI wilayah Flores I saat Musda di Maumere.
Rosalia Kuki Nurak,S.H.M.Kn, Ketua Terpilih Ikatan Notaris Indonesia (INI) wilayah Flores I kepada Cendana News mengatakan, dirinya berkomitmen membangun organisasi notaris ini menjadi organisasi yang bermartabat, solid, progresif, dan berdampak.

Ros, notaris perempuan ini memiliki misi, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan saling memiliki terhadap orgarisasi. Juga melakukan kegiatan untuk menjaga dan mengefektifkan komurikasi antar sesama anggota agar tercipta semangat kebersamaan serta memperkuat organisasi.

Para anggota notaris yang menghadiri Musda INI wilayah Flores I di Maumere.

“Saya akan berupaya meningkatkan mutu bagi anggota lewat kegiatan ilmiah, ceramah, seminar dan kajian-kajian undang-undang terbaru,” terangnya.

Ros juga bertekad akan melakukan pendidikan notaris yang sinergis dengan kepengurusan pusat serta meningkatkan komunikasi dengan lembaga, orgarisasi, dan instansi lain yarg terkait dengan lembaga kenotariatan.

Ketua INI Flores I ini menegaskan akan membantu pemerintah dan masyarakat sesuai dengan ranah dan kapasitas lembaga kenotariatan serta pro aktif membantu pemerintah daerah dalam menyikapi dinamika kebijakan undang-undang ataupun peraturan daerah sejenisnya yarg sesuai dalam ranah dan kapasitas INI Flores I.

Disaksikan Cendana News, kegiatan Musda berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan penuh keakraban sehingga pemilihan ketua berlangsung secara demokratis. Dari 17 anggota di wilayah ini, hadir dalam Musda hanya 11 anggota dan sudah dianggap sesuai AD dan ART.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary






Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: